ARAH MARKETING 2019

Marketing selalu menjadi topik menarik untuk dibicarakan dan hampir semua seminar dengan tentang dunia marketing selalu dipenuhi peserta. Setiap tahun selalu ada tren baru di bidang marketing mengikuti perkembangan karakter customer di tahun sebelumnya. Jika pebisnis bisa menangkap tren yang akan terjadi maka kemungkinan besar bisnisnya akan bisa berkembang dengan lebih baik lagi.

Di awal tahun 2019 ini saya ingin menuliskan beberapa tren marketing yang saya yakini akan bergulir di tahun ini. Ada beberapa tren yang sudah terjadi di tahun 2018 dan masih akan berlanjut di 2019. Berikut ini adalah rangkuman tren marketing 2019.

ChatBot Akan Makin Marak

Chatbot adalah sebuah program komputer dengan kecerdasan buatan (artificial intelligent/ AI) yang dapat berinteraksi kepada satu orang atau lebih, baik dalam bentuk audio maupun text. Chatbot dengan kecerdasan buatan mampu berinteraksi menyerupai manusia pada umumnya. Chatbot ini biasanya digunakan untuk melayani pertanyaan terkait informasi yang dicari oleh pengguna. Tentu saja chatbot tidak akan dapat menggantikan fungsi manusia secara keseluruhan dan chatbot tidak mampu menjawab hal-hal yang rumit. Chatbot akan sangat membantu proses layanan customer karena mampu memberikan jawaban interaktif secara cepat ketika customer memerlukan bantuan. Chatbot juga akan membantu meningkatkan angka penjualan karena kemampuannya untuk memberi saran tentang produk unggulan dan menawarkan produk terkait yang sesuai dengan kebutuhan customer sesuai data-data histori yang ada.

Influencer Semakin Dicari

Influencer adalah orang-orang yang punya audience atau followers yang cukup banyak di social media dan mereka punya pengaruh yang kuat terhadap followers mereka, seperti artis, selebgram, youtuber , blogger , dan lainnya.

Di tahun 2019, influencer akan jadi pilihan banyak brand mengkomunikasikan atau mengkampanyekan produk agar semakin dikenal oleh target market. Influencer akan mampu membantu sebuah brand untuk masuk ke dalam komunitas dan makin dipercaya target market. Banyak brand yang makin berkembang karena dukungan influencer, namun demikian teknik pemilihan influencer yang tepat juga menjadi kunci karena jika salah memilih maka brand tidak akan mendapat banyak manfaat. Jadi sebuah brand harus memilih influencer yang sesuai dengan karakter brand dan juga harus mengetahui siapa follower dari sang influencer.     

Video Semakin Disukai

Survei menunjukkan bahwa customer lebih suka melihat video untuk memahami sebuah produk dibandingkan dengan membaca penjelasan dalam bentuk teks. Dari pengamatan saya banyak brand yang menjadi besar karena memiliki video-video menarik yang diunggah ke banyak channel di dunia maya. Sebuah video yang berhasil menarik minat netizen tentunya yang punya tema yang tepat, trik video yang menarik, dan storyboard yang pas. Tentu saja membuat video dengan durasi 1 menit agar dapat menarik dan dipahami oleh target market bukanlah pekerjaan yang mudah tetapi pasti bisa jika dipikirkan secara mendalam dengan dukungan tim yang handal.

Para pembaca sekalian, itulah 3 tren yang banyak dibicarakan dan semoga bisa memberikan wawasan baru kepada Anda yang mungkin belum pernah mendengarnya. Tentu saja Anda harus bijak untuk mengikuti tren tersebut sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan brand.   

Bagi pembaca Majalah Franchise yang ingin konsultasi lebih jauh tentang artikel ini, silahkan email ke info@djokokurniawan.com atau WA: 081573709100 atau twitter @djokokurniawan atau IG: djoko.kurniawan.

 

Ditulis oleh, Djoko Kurniawan Senior Consultant of Business, Franchise & Service Qualiy

DK Consulting Group

www.djokokurniawan.com

 

 

BISNIS DENGAN VALUE BAIK
Sebagai konsultan bisnis dan franchise, dalam sepuluh tahun terakhir saya bertemu dengan ratusan pebisnis dan orang yang ingin memulai berbisnis. Dari mereka saya mendengar banyak cerita yang menyenan
Read More
MARKETING 4.0 BISNIS KULINER
Anda semua pasti setuju bahwa Marketing 4.0 yang sering dibicarakan akhir-akhir ini adalah sangat penting untuk diketahui. Marketing 4.0 merupakan pendekatan pemasaran yang mengkombinasikan interaksi&
Read More
CUSTOMER SERVICE’s SCRIPT
Melayani customer ternyata memang tidak mudah. Mereka semua punya ekspektasi atau harapan yang berbeda-beda ketika dilayani. Untuk itu pemberi jasa/ frontliner harus punya kemampuan melayani yang baik
Read More
MENGAPA CUSTOMER TIDAK JADI MEMBELI?
Sebagai seorang Konsultan Bisnis, saya masih menyempatkan diri untuk sesekali menjadi mystery shopper secara langsung. Saya lakukan hal ini karena ingin mengetahui pelayanan di market secara lebih rea
Read More