Inilah Peraih Franchise & Startup Market Leader Award 2017

Untuk kedelapan kalinya Majalah Franchise Indonesia bersama Asosasi Franchise Indonesia (AFI) menyelenggarakan Franchise & Startup Market Leader Award. Seperti biasanya, gelaran Franchise & Startup Market Leader Award 2017 kali ini diselenggarakan di XXI Mal Kelapa Gading, Jakarta, 11 Oktober 2017.    

Rofian Akbar, Pemimpin Umum Majalah Franchise Indonesia, dalam sambutannya di acaraFranchise & Startup Market Leader Award 2017 mengatakan, award ini merupakan salah satu penghargaan bergengsi di Industri franchise Indonesia. “Selain menjadi kebanggaan bagi pemilik merek, penghargaan ini bisa dibilang sebagai sebuah barometer untuk mengukur kinerja sebuah merek,” katanya.

Secara rutin, setiap tahunnya Majalah Franchise melakukan survei untuk melihat siapa saja merek franchise yang berhasil menguasai jaringan franchise di setiap kategori bisnisnya. “Banyaknya jumlah gerai franchise tentu saja menjadi salah satu indikator utama penilaian,” ujar Rofian. 

Selain itu, kata Rofian, komitmen pelaku franchise juga menjadi penilaian penting dalam survei ini. Bagaimana franchisor membangun jaringan franchisenya dengan penuh tanggung jawab adalah faktor penting. “Di sini, franchisor tidak hanya mengajak investor untuk mengembangkan jaringan bisnisnya saja, tapi juga konsisten memberikan dukungan dan support bisnis yang berkelanjutan,” jelasnya. 

Survei yang kami lakukan juga tidak hanya melihat banyaknya jumlah gerai saja, tapi juga melihat sejauh mana gerai-gerai franchise tersebut berkinerja baik. Indikasinya bisa dilihat dari banyaknya jumlah gerai yang sustain dibanding yang tutup. “Banyaknya penambahan gerai dibarengi dengan jumlah gerai yang tutup juga menjadi pertimbangan kami,” tutur Rofian.

Sekali lagi, tegas, Rofian, menjadi Franchise & Startup Market Leader adalah salah satu pencapaian terbaik bagi sebuah merek waralaba. Majalah Franchise dan Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) akan terus berupaya menggelar Franchise Market Leader setiap tahunnya. “Penghargaan ini tidak hanya menjadi ukuran dalam internal bisnis franchisor, tapi juga menjadi brand value untuk calon investor dan konsumennya,” pungkasnya. 

Merek-merek peraih Franchise Market Leader Award 2017 adalah Indomaret, Shop&Drive, Bakmi Naga Resto, biMBA-AIUEO, Sabana Fried Chicken, Kimia Farma Apotek, Depo Air Minum Biru, Martha Tilaar Salon Day Spa, Primagama, Excelso, Oto Bento, Ayam Bakar Wong Solo, Quick Chicken, Carvil, Jolly Time, Waffelicious, Snapy, dan Ray White Indonesia.

Sementara, merek-merek peraih Franchise Startup Market Leader Award 2017 adalah Bisnis Travel Indonesia, Lanang Barbershop, Crispyku, Valo Waterless Car Care, Ohayo Drawing School, dan Serabi Solo D’Java.

Merek-merek yang disebutkan di atas selain memenuhi syarat Market Leader seperti yang dijelaskan di atas, menurut Rofian juga memiliki beberapa keunggulan antara lain memiliki brand awareness yang tinggi, memiliki ditribusi yang baik, brand image yang bagus serta mampu menerapkan strategi pricing yang tepat.

 

Zaziri

 

 

Para Peraih TOP Businses Opportunity 2018
Peluang bisnis BO (Business Opportunity) di Indonesia dalam beberapa tahun ini bertumbuh sangat pesat. Indikasinya, peluang bisnis BO yang baru tiap tahun terus bermunculan. Hal ini terlihat di setiap
Read More
LJ Hooker Grand Opening di Legenda Wisata Cibubur
Setelah buka gerai di Depok Sawangan, LJ Hooker kembali buka gerai di bilangan Cibubur tepatnya Ruko Little China Blok JD -03 Perumahan Legenda Wisata  pada 1 November 2018. Acara opening ini di
Read More
Regulasi Diperlonggar. Ketua AFI: Memang Sudah Seharusnya Dihapus
Beberapa regulasi franchise akan diubah untuk melonggarkan aturan berbisnis waralaba di Indonesia. Beberapa aturan yang semula ketat akan dibuat mudah. Sejumlah aturan yang sifatnya membatasi akan dih
Read More
Talkshow Bisnis di IFRA Hadirkan Lyra Virna
Banyak acara dan talkshow bisnis di sela -  sela IFRA 2017. Salah satunya adalah talkshow Selebpreneur yang menampilkan Artis Lyra Virna. Dipandu oleh Anke Dwi Saputro, kiai marketing dari Cultiv
Read More