Memadukan Modern Haircut dengan Teknologi Kiosk Machine

Haircut house yang satu ini sangat modern, selain menawarkan kualitas pelayanan dan kenyamanan konsumen, ia juga mengedepankan kecanggihan teknologi dengan menggunakan kiosk machine sebagai layanannya.

Setelah sebelumnya Redaksi Majalah Franchise Indonesia banyak mengupas tentang para pendatang baru di bisnis makanan dan minuman di sejumlah mal yang diwaralabakan, kali ini ulasan kita akan sedikit bergeser ke bisnis potong rambut modern bernama IXOBOX.  

Berada di lantai GF, Plaza Semanggi, Jakarta, outlet IXOBOX sebenarnya sudah cukup mencolok perhatian. Outletnya transparan dilihat dari luar dari empat sisinya karena hanya dibatasi kaca sehingga aktivitas di dalamnya terlihat jelas.

Walaupun tempatnya tidak berukuran besar layaknya salon-salon ternama, kesan mewah dan bersih jelas tergambar. Untuk menjawab rasa penasaran, Tim Redaksi langsung masuk mencoba layanan IXOBOX.

“Silahkan pak, uangnya dimasukkan kedalam mesin, untuk mengambil nomor antrian,” kata salah satu penata rambut IXOBOX.

Yah, dengan harga yang relatif terjangkau, IXOBOX rupanya tidak menggunakan tenaga kasir tetapi menggunakan sebuah teknologi Kiosk Machine layaknya mesin ATM. Di mesin itulah pelanggan melakukan transaksi dengan memasukkan uangnya, untuk mendapatkan nomor antrian yang selanjutnya dipanggil oleh mesin layaknya di bank-bank.

Tidak lama kemudian, General Manager IXOBOX, Alexs Sandria, muncul dan menyapa Tim Redaksi Majalah Franchise. Ditempat itu ia menjelaskan berbagai keunggulan serta keunikan yang dimiliki IXOBOX.

“Kita di sini memang tidak menggunakan kasir tetapi sebuah teknologi yang kita kembangkan sendiri di Singapura. Teknologi tersebut selain menjadi kasir dan memudahkan pelanggan, juga menjadi  tempat untuk mengkroscek omset perhari atau perbulannya yang dapat dikontrol dari pusat, bahkan melalui smartphone secara real time,” kata Alexs Sandria.

IXOBOX juga menggunakan teknologi Ixoair, yaitu teknologi pembersih rambut yang menggunakan udara sehingga pelanggan bisa langsung beraktifitas setelah menggunting rambutnya, tanpa harus dicuci dengan shampoo. 

Tidak sampai disitu, IXOBOX juga mengedepankan kebersihan tempatnya maupun peralatannya yang higienis. Peralatan gunting yang digunakan selalu disterilkan ke dalam mesin sterilisasi setelah digunakan. Sementara sisir yang digunakan oleh pelanggan langsung diberikan kepada pelanggan yang bersangkutan. Jika tidak, maka sisir tersebut dipatahkan di depan pelanggan dan langsung dibuang sebagai bukti bahwa satu sisir hanya untuk satu pelanggan saja. Demikian juga sisa-sisa rambut di lantai, langsung dibersihkan dan disedot oleh mesin khusus yang berada di bagian bawah lemari (box).

“Ixobox is a modern haircut for men, women and kids. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan pelanggan. Dengan Ixobox hanya melayani jasa potong rambut saja, tentunya akan sangat efisien. Waktu tunggunya jelas karena tidak ada layanan lain seperti cuci rambut, mewarnai, meluruskan, dan pelayanan lainnya,” papar Alexs. Dengan spesialisasi ini tentunya para penata rambut Ixobox memiliki keahlian khusus dengan jam terbang yang tinggi. 

Sejak mengoperasikan cabang pertamanya pada Februari 2015, hingga saat ini IXOBOX telah memiliki 6 cabang yaitu di Mal Ambassador, Palem Cengkareng, Stasiun Kereta Api Juanda, Plaza Semanggi, Giant Bintaro, Gajah Mada Plaza, dan bulan ini akan buka di dua tempat secara kemitraan yakni di Super Mall Karawaci dan Bendungan Hilir.

Bisnis ini juga ditawarkan secara kemitraan dengan investasi Rp 300 juta hingga Rp 500 juta nilai tersebut mengacu pada luas tempat yang dikehendaki calon mitra. Mitra juga diharuskan membayar partnership fee, senilai Rp 100 juta untuk sekali kerjasama dalam kontrak.

Selanjutnya bisnis dijalankan oleh IXOBOX dan calon mitra hanya memonitor omset melalui Kiosk Machine yang canggih secara adil dan transparan.

Uniknya menjadi mitra IXOBOX, omset yang diperoleh outlet langsung dibagi ke mitra. Mitra dapat mengontrol langsung outlet melalui sistem Kiosk Machine dan CCTV yang terkonseksi langsung ke mobile phone secara real time.

Polabbit Dessert House, Mengintip Bisnis Ice Cream Gulungan Premium ala Thailand
Pada edisi hunting kali ini tim redaksi berkunjung ke Basura Mall City yang terletak di jalan Basuki Rahmat, Cipinang, Jatinegara, Jakarta Timur. Ketika sedang berjalan di area Ground Floor kami melih
Read More
Kurimu. id Mendulang Laba dari Ice Cream Asal Korea
Es krim yang satu ini hadir memberikan cita rasa tersendiri. Pemain es krim khas Korea ini siap meramaikan persaingan di industri waralaba.   Majalah Franchise Indonesia  kali ini bertandan
Read More
Rujak Asal Pulo Brayan Yang Tawarkan Peluang Bisnis
Kuliner rujak yang satu ini memang berbeda pada rujak pada umumnya. Dengan memodifikasi olahan dan bumbu rujak, bisnisnya kini sudah ekspansi ke Jakarta, Batam, Tangerang, dan Medan. Tim redaksi Maja
Read More
Dessert Town, Spesialis Kue Sponge dan Tart Yang Minim Pesaing
Rubrik Franchise Hunt kali ini mengangkat Dessert Town. Selain belum banyak dikenal orang, Dessert Town juga memiliki produk yang cukup unik. dan belum banyak pemainnya di bisnis franchise. Dessert
Read More