TasoPT Tatalogam Lestari dikenal sebagai produsen rangka atap baja ringan dan genteng metal dengan merek Taso,  Multi Roof, Surya Roof serta Sakura Roof. Mulai tahun ini perusahaan kembangkan gerai franchise dengan merek Roofmart Express.

Rangka atap baja ringan dan genteng metal di Indonesia, terutama daerah pulau jawa saat ini tengah menjadi trend dalam pembuatan rumah. Pasalnya, sejak Indonesia menjadi salah satu negara yang rawan gempa, maka atap baja ringan dan genteng metal mejadi pilihan alternatif dalam pembuatan rumah, apalagi belakangan kayu menjadi sesuatu yang langka dan mahal, serta mudah dimakan rayap dan dilanda gempa.

Maka tidak heran jika mulai banyak perusahaan yang memproduksi rangka atap baja ringan dan gentang metal belakangan ini. Salah satunya adalah PT Tatalogam Lestari.  PT Tatalogam merupakan salah satu perusahaan terbesar dalam produksi kaso baja ringan dan genteng metal di Indonesia. Perusahaan ini pun paling getol mengkampanyekan mereknya di TV dengan menampilkan artis pelawak Mastur sebagai icon yang mengusung tagline iklan “Si Mantap Masternya Atap”.

Alhasil, PT Tatalogam pun kini menjadi market leader di kategori industri genteng metal. Sedangkan untuk rangka atap baja ringannya sendiri PT Logam menempati posisi empat besar. “Saat ini kita market leader untuk genteng metal, dan menempati posisi 4 besar dalam produksi kaso baja ringan. Di berbagai daerah wilayah Indonesia, permintaan terhadap rangka atap baja ringan dan genteng metal semakin meningkat setelah banyaknya gempa di Indonesia,” ujar Stephanus Koeswandi, Vice President PT Tatalogam Lestari.

Mengsung merek TASO, kaso metal buatan PT Tatalogam memiliki posisi tersendiri di Indonesia. Sejak diluncurkan pada 2004 lalu, Taso dikenal sebagai rangka atap baja ringan yang memiliki kualitas baik. Menggunakan bahan baku 100% dari zincalum yang didukung penuh oleh PT Bluescope Steel Indonesia, Taso pun memliki ketebalan dan kekuatan diatas rata-rata pesaing.

Begitupun dengan genteng metalnya. PT Tatalogam memiliki tiga merek unggulan, yakni Multi Roof, Surya Roof dan Sakura Roof. Dengan tiga merek tersebut Tatalogam pun siap memenuhi segemen pasar sesuai kebutuhannya.

“Untuk pasar di Kalimantan biasanya dia pakai Sakura Roof, karena masyarakat sana biasanya membangun rumah paliang lama hanya untuk 10 tahun. Namun jika rumah tersebut untuk jangka waktu lama, maka bisa menggunakan gentang Surya Roof yang tahan karat 20 tahun, atau Multi Roof yang tahan karat bisa sampai 25 tahun,” terang Stephanus.

Dijelaskan Stephanus, kekuatan kaso metal dan genteng metal buatan PT Tatalogam sudah terjamin. Pasalnya, merek tersebut sudah mendapatkan SNI dan ISO 9001:2008, bahkan beberapa waktu lalu merek PT Tatalogam meraih rekor bisnis award atau Rebi dari Tera Foundation. “Dengan demikian, produk kita sudah terbukti keunggulannya dibanding produk-produk lain yang berasal dari China dan Vietnam,” tuturnya. 


Luncurkan Roofmart Express

Taso previewSelain lewat distributor, PT Tatalogam Lestari memiliki toko bangunan sendiri untuk memasarkan produk-produknya. Toko tersebut sudah berdiri sejak 2009, di Jakarta Barat dengan merek Roofmart. Dalam gerai Roofmart para aplikator pembuat rangka bangunan dan customer bisa langsung membeli atap baja ringan dan genteng metal buatan PT Tatalogam.

Selain itu, Roofmart pun menyediakan set up atap baja ringan melalui salah satu induk perusahaannya, yaitu PT Sakura Makmur Lestari yang sekaligus yang menyediakan suplai barang-barang buatan Tatalogam. Tidak hanya itu saja, Roofmart juga membantu para tukang bangunan yang ingin menjadi aplikator baja atap ringan, agar kelak memiliki usaha dan toko sendiri.

Dengan semua kelebihan tersebut, maka Roofmart pun berkembang pesat. Hanya dalam tempo waktu 2 tahun saja, Roofmart kini sudah memiliki sekitar 22 gerai tersebar hampir di seluruh daerah Indonesia. “Gerai kita sudah ada di Jakarta, Bogor, Bali, Jogja, Cirebon, Pekan Baru, BSD, Lampung, Palangkaraya, Palembang, Cirebon, Semarang, Bandung, Padang, Banjarmasin, Palu, Surabaya. Balikpapan, Makassar, dan sebagainya,” ujar Michael Setyono, Marketing Manager PT Sakura Makmur Lestari.

Untuk lebih mempercepat penetrasi. Mulai tahun ini PT Tatalogam meluncurkan peluang bisnis franchisenya dengan merek Roofmart Express. “Dengan adanya franchise ini diharapkan masyarakat bisa ikut terlibat dalam bisnis kita. Sebab, bisnis ini sudah terbukti menguntungkan lewat Roofmart milik kita sendiri,” kata Michael.

Dikatakan Micahael, omset Roofmart terbilang menggiurkan. Satu buah gerai bisa menghasilkan omset sekitar Rp 100 hingga Rp 200 juta perbulan. Dengan omset tersebut Roofmart bisa mengantongi keuntungan sekitar 12%. “Saat ini Roofmart Express menjadi satu-satunya toko franchise atap baja ringan dan genteng metal buatan PT Tatalogam,” terangnya.

Michael menuturkan, ada lima paket invetasi yang ditawarkan Roofmart Express yaitu, pertama tipe Silver dengan invetasi sekitar Rp 150 juta, luas area kurang lebih 40 m2. Kedua, tipe Gold dengan invetasi Rp 200 juta dan luas area 60 m2. Ketiga, tipe Platinum dengan luas area kurang lebih 80 m2, invetasinya sekitar Rp 275 juta. Keempat, tipe Ruby dengan luas area 100 m2, investasinya Rp 375 juta. Sedangkan kelima tipe diamond, investasinya sekitar Rp 500 juta.

“Invetasi tersebut sudah termasuk bank garansi. Adapun masa kontrak kerjasama kita sekitar 2 tahun dan akan diperpanjang jika kinerja gerai mitra terus membaik hingga mencapai 5 tahun. Dengan semua invetasi tersebut sang mitra bisnis diasumsikan bisa balik modal dalam kurun waktu 2 tahun,” terang Michael.


Zaziri

Bagikan artikel ini ke rekan-rekan anda dengan menggunakkan:

PLASA FRANCHISE

Promo Majalah Info Franchise