Bisnis Spa untuk bayi masih terbilang langka. Mengusung Hydrotherapy sebagai keunggulan bisnisnya. Roi & Reine, bisnis salon-spa untuk bayi mulai tawarkan kemitraan. Seperti apa bisnisnya?

Bisnis spa untuk bayi di Indonesia masih terbilang langka. Padahal peluang bisnis ini memiliki prospek yang cerah kedepannya. Coba saja tengok di setiap sudut kota dan beberapa mal di Indonesia. Bisnis spa untuk bayi hampir dikatakan nyaris tidak ada. Entah memang belum familiar, atau mungkin di Indonesia belum ada pemain yang berani mengedukasi pasar ini.

Namun berbeda dengan negara seperti China dan Singapura. Di China misalnya, seorang bayi yang baru beberapa hari lahir disana sudah biasa melakukan spa seperti hydrotherapy atau berenang dalam air. Dengan melakukan hydrotherapy sang bayi ternyata lebih memiliki perkembangan yang baik dari segi pertumbuhan tubuh, otak, serta sistem pencernaan. Walhasil, pasar spa untuk bayi di negara tersebut cukup berkembang dan kompetitif.

Dyana Setiawan, seorang wanita muda Indonesia rupanya tertarik mendirikan spa untuk bayi di Indonesia, setelah melakukan kunjungan ke Singapura dan China pada 2009. Melihat perkembangan bisnis spa bayi yang cukup tumbuh disana, ia pun kemudian mempelajari dan mengambil kursus hydrotherapy dan massage untuk bayi di China. Setelah merasa yakin dengan skill-nya, Dyana pun kemudian memberanikan diri mendirikan bisnis spa untuk bayi di Indonesia.


Bersama dengan dua rekannya, Dyana mendirikan bisnis spa untuk bayi dengan nama Roi & Reine Salon-Spa pada 2010 lalu di Ruko Pluit Village Blok R No 49. Awal mula bisnis Roi & Reine adalah spa bayi dengan mengusung hydrotherapy sebagai keunggulannya. “Hydrotherapy ini masih sangat jarang dilakukan para ibu untuk bayinya di Indonesia. Padahal dengan hydrotherapy seorang bayi akan mendapatkan manfaat yang sangat banyak sekali, seperti untuk tumbuh kembang motorik, meningkatkan daya tahan dan kecerdasan, ” terang Dyana.

Dijelaskan Dyana, dalam hydrotherapy seorang bayi akan diperkenalkan dengan air yang sudah steril, lalu setelah streching, dan dikenakan neck ring barulah si bayi berenang di dalam air. Pada saat berenang, si bayi akan di-treatment khusus yang akan melatih kekuatan otot tangan, kaki dan pernafasan. Setelah itu, bayi akan diberikan treatment lain berupa massage. Tujuannya adalah agar bayi bisa relaksasi, dan massage juga sangat bermanfaat untuk melancarkan aliran darah, meningkatkan nafsu makan, dan meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan kecerdasan, dan pastinya membuat tidur menjadi lebih lelap. Hydrotherapy ini sangat bagus untuk bayi yang berusia 2 bulan hingga 2 tahun,” ujar Dyana.

Tidak menunggu lama. Baru beberapa bulan berdiri gerai Roi & Reine langsung mendapat sambutan baik dari masyarakat setempat. Dalam sehari gerai Roi & Reine bisa dikunjungi sekitar 20 pengunjung. Sedangkan bila waktu weekand  jumlah customer yang datang bisa mencapai 40 anak. “Sekarang ini kita juga sudah memiliki member sekitar 1000 orang,” tutur Dyana.  

Dalam perjalanannya, Roi & Reine pun mengembangkan service lainnya. Selain hydrotherapy Roi & Reine juga kini menyediakan jasa salon untuk anak kecil, hair cut, manicure &  pedicure, nom nom facial, fruity, masker organic cokelat yang bisa dimakan oleh anak, serta creambath. “Kedepan kita juga akan menyediakan pijat untuk wanita dan ibu hamil. Karena banyak ibu yang menunggu anaknya juga minta treatment disini,” ujar Dyana. Roie & Reine juga menyediakan coloring, playstastion, bunyi-bunyian, dan mainan lainnya untuk para anak yang menunggu antrian customer. 

Harga treatment dan service Roi & Reine memang untuk golongan menengah atas. “Untuk biaya hydrotherapy saja sekitar Rp 125 ribu, sedangkan massage-nya 75 ribu. Namun untuk paket hydrotherapy plus massage sekitar Rp 175 ribu. Adapun salon hair cut sekitar Rp 75 ribu, facial Rp 75 ribu, creambath Rp 60 ribu, manicure dan pedicure sekitar Rp 70 ribu,” terang Dyana. 

Saat ini Roi & Reine baru memiliki satu gerai. Walaupun begitu, nama Roi & Reine sudah sangat populer di Jakarta Utara. Beberapa media dan stasiun TV pun sudah pernah meliputnya. “Media televisi seperti TV one, Trans TV pernah meliput kita. Selain itu, Majalah Femina, Baby, hingga Sydney Morning pun pernah memuat tentang bisnis kita,” terang Dyana.

Pada tahun ini Roi & Reine mulai membuka peluang kemitraan. Untuk menjadi mitra bisnis Roi & Reine dibutuhkan investasi sebesar Rp 190 juta. Investasi tersebut sudah termasuk  system dan merk, pelatihan, survei lokasi, peralatan spa, komputer plus software. “Target tahun ini membuka sekitar 2 gerai dengan adanya peluang bisnis kemitraan,” ucap Dyana. 

Zaziri

 

Bagikan artikel ini ke rekan-rekan anda dengan menggunakkan:

PLASA FRANCHISE

Promo Majalah Info Franchise