Susu pun bisa menjadi peluang usaha yang menyehatkan jika dikemas secara ciamik. Dengan konsep milk station, Susu Oke diam-diam sudah menggurita hingga 28 gerai dalam waktu satu tahun sejak diluncurkan menjadi peluang usaha kemitraan.

Siapapun setuju jika ingin tetap sehat dan bugar minumannya ya susu. Berangkat dari pemikiran itulah, Ferry A. Soputan banting setir, dari usaha distributor handphon ke usaha toko susu. Eits..., tunda dulu dahi anda jika ingin mengkerut. Sebab, toko susu yang dikebangkan ferry bukanlah toko susu biasa, melainkan Milk Statiun.

Dan menariknya lagi, Milk Statiun yang diberi nama Susu Oke ini sudah dimitrakan dengan pola business opportunity. Bahkan, diam-diam merek ini sudah menggurita hingga 28 cabang hanya dalam kurun waktu 1 tahun. Sedangkan, untuk membuka satu gerai Susu Oke saja dibutuhkan investasi ratusan juta. “Tapi memang sejauh ini para mitra kita rata-rata mengalami keuntungan. Dan tidak ada satu miutra pun yang tutup alias gagal usahanya,” ujar Ferry, pemilik brand Susu Oke.

Dijelaskan Ferry, Susu Oke bisa dibilang yang pertama dan the leader untuk konsep milk statiun. Gerai pertamanya dibuka  di Jl. Raya Agus Salim No. 68, Bekasi. Sebelumnya, Ferry dikenal sebagai pengusaha shoorum mobil dan distributor handphon. Namun, usaha shoorum mobilnya tidak berumur panjang setelah diterpa krisis global beberapa waktu lalu. Sedangkan, usaha handphon-nya seperti mati segan hidup pun susah.

Diam- diam, istri ferry ternyata iseng-iseng jualan susu dari berbagai merek dalam sebuah toko pada Maret 2007. Iseng-isengnya itu ternyata berkembang menjadi sebuah gerai susu terlengkap yang menyediakan berbagai jenis susu dari berbagai merek di Indonesia. Kemudian, Ferry pun melepaskan usaha handphonnya dan serius mengembangkan bisnis susunya dengan merek Susu Oke.

Setelah beberapa tahun berjalan, Susu Oke pun dikenal sebagai Milk Statiun yang menjual berbagai macam jenis susu paling lengkap dan paling murah dari produsennya langsung. “Susu Oke bisa memberikan harga jauh lebih murah dari toko tradisional, mini market, bahkan hypermarket. Selisih harganya dari yang hanya 2 ribu sampai 20, bahkan 30 ribu. Jadi kita jauh lebih murah,” ujar ferry.

Maka tidak heran, bila saban harinya gerai Susu Oke selalu ramai dikunjungi pembeli susu. Menurut Ferry, Susu Oke dikenal sebagai gerai spesialis susu yang menjual semua jenis susu dari berbagai merek prinispal susu di Indonesia. Jumlah item susu yang dijual mencapai 600 jenis. “Bahkan, jenis susu yang tidak ada di supermarket dan kadang-kadang di apotik pun disini justru tersedia. Seperti misalnya, susu untuk anak alaergi Neo Cut,” kata Ferry.

Selain itu, kata Ferry, Susu Oke didukung penuh oleh banyak prinsipal susu di Indonesia. Salah satu support terbesar adalah produsen susu Kalbe Nutrinasional. “Mereka banyak memberikan support. Mulai dari diskon harga yang besar, karena kita memiliki selling out yang bagus. Sampai pada event-event dan pemberian hadiah untuk pelanggan kami,” tuturnya.

Tidak hanya itu, kelebihan lainnya adalah Susu Oke menjamin semua produknya asli dan bisa dikembalikan jika ada yang rusak atau expired. Begitupun kepada para mitranya, Susu Oke men-support penuh sang mitra. “Sang mita kita kasih support penuh, mulai suplai produk hingga jika ada barang yang rusak atau expired, itu bisa dikembalikan ke kita. Dan satu lagi, kita tidak kenakan royalti fee. Jadi mitra kita tidak ada barang yang mati. Cuma rak susu dan komputer, serta meja dan bangku saja barang matinya,” kata Ferry.

Penghasilan yang menggiurkan

Tidak diragukan lagi, semua orang hidup butuh susu. Disadari atau tidak minum susu sudah menjadi kebutuhan dasar mahluk hidup. Pasalnya, kalau dahulu mungkin hanya segelintir saja orang yang peduli kesehatan. Namun, seiring berjalannya waktu, tingkat pendidikan manusia di dunia, terutama di Indonesia semakin meningkat. Sejalan dengan pengetahuan tentang pentingnya nilai gizi dan kesehatan yang tekandung dalam susu. Maka, minum susu sudah menjadi suatu kebutuhan hidup.

Ditambah lagi, menurut riset, di Indonesia saat ini, dalam satu hari telah lahir 5000 bayi. Sedangkan peternakan sapi sudah semakin jarang. Saat ini hanya Australia saja pemasok susu terbesar yang mampu memproduksi susu dengan kapasitas banyak. Tentunya, peluang bisnis susu pun semakin menggairahkan, dan tidak kenal surut.

Ternyata, Ferry Soputan, sudah jauh hari memprediksi peluang itu. Naluri bisnisnya untuk mendirikan Milk Statiun merupakan pilihan yang terbukti nyata. Dengan gerai yang dikemas secara ciamik, dan selalu memberikan nilai lebih pada customernya. Alhasil, tidak butuh waktu lama untuk menggelembungkan gerai Susu Oke.

Hanya dalam waktu satu tahun saja Susu Oke kini sudah memiliki 30 cabang. 28 cabangnya dikembangkan dengan pola kemitraan. “Cabang kita sudah tersebar di hampir seluruh Indonesia. Yaitu di Bandung, Tegal, Bogor, Dumai, Bekasi, Tangerang, Jakarta, Subang, Karawang, Cibining,” kata Ferry.

Lalu seberapa menggiurkan peluang bisnis ini? Ferry Irawan dengan semangat membeberkan, dengan investasi Rp 200 juta. Semua mitra sudah bisa mendirikan satu buah gerai Susu Oke. Dengan invetasi sebesar itu, lanjutnya, sang mitra tinggal menjalani usahanya saja, termasuk sewa tempat. “Jadi mulai dari produk susu yang berjumlah 600 item, dan peralatan toko mulau dari rak, komputer, meja dan kursi dan sebagainya itu semua sudah kita sediakanm,” ujarnya.

Dengan investasi sebesar itu, kata Ferry lagi, sang mitra rata-rata sudah balik modal hanya dalam kurun waktu 1 tahun dan paling lama 1,5 tahun. “Tidak ada yang sampai 2 tahun sejauh ini,” tandasnya. “Adapun omset yang diraihnya, rata-rata mitra kita membukukan outlet perbulan hampir satu milyar. Bahkan, gerai kita ada yang mampu mencapai 1,3 milyar perbulannya. Mitra kami yang di Mampang memperoleh laba bersih perbulannya 20 juta. Padahal dia baru jalan 6 bulan,” ungkap Ferry.

Untuk tahun ini, Susu Oke mentargetkan gerainya sampai 50 buah. “Sampai saat ini kita memiliki waiting list hingga 50 orang. Masih dalam tahap seleksi. Kalau tidak saya tahan bisa banyak banget. Tapi saya harus memperhitungkan suplai produknya nanti. Sekarang saya tengah fokus membangun gudang-gudang untuk stok produk di setiap daerah mitra kita. Sampai saat ini hampir di daerah mitra kita sudah saya sediakan gudangnya,” kata Ferry mantap....

Zaziri

Bagikan artikel ini ke rekan-rekan anda dengan menggunakkan:

PLASA FRANCHISE

Promo Majalah Info Franchise