PDIH Untag Cetak Doktor Waralaba

Beberapa waktu lalu, Program Doktor Ilmu Hukum (PDIH) Untag menggelar ujian terbuka promosi doktor ilmu hukum atas nama Mulyani Santoso SH SpN MH. Mulyani berhasil mempertahankan desertasinya berjudul “Model Perlindungan Hukum Dalam Bisnis Waralaba” di depan para pengujinya yang terdiri atas:

Dr. Edy Lisdiyono, SH, MHum, selaku ketua sidang, dan Promotor Prof. Dr. Liliana Tedjosaputro, SH, MH, MM. dan Ko-Promotor Dr. Sigit Irianto, SH,.MHum. serta tim penguji yang terdiri dari Prof. Hikmahanto, SH, LLM, PhD (Guru Besar Fakultas Hukum UI, sebagai penguji eksternal), Prof. Dr. Sarsintorini Putra, SH, MH. dan Dr. Amggraeni Endah Kusumaningrum, SH, MHum, dan Dr. Sri Mulyani, SH MHum.

Dalam desertasinya, dikatakan bahwa perjanjian waralaba biasanya dibuat dibawah tangan, sehingga hak dan kewajiban tidak seimbang, dan tidak dicantumkan sanksi dalam klausulnya, sehingga belum memberikan perlindungan hukum bagi para pihak. 

Dengan model pengaturan perlindungan hukum dalam bisnis waralaba yang ditulis Mulyani ini pengaturannya lebih komperhensif dan sistematik baik dari segi budaya hukum, struktur hukum maupun sunstansi hukum.

Dimana kepemilikan merek yang akan diwaralabakan sudah harus bersertifikasi, dan sebelum menandatangani perjanjian para pihak harus mendapatkan surat tanda pendaftaran waralaba, yang selanjutnya didaftarlan secara online melalui website Online Single Submision (OSS), dan dalam perjanjian tersebut  memuat adanya sanksi bagi para pihak yang melanggar.

Dengan demikian, maka Mulyani resmi menyandang gelar doktor “Waralaba” dengan predikat cumlaude setelah menyelesaikan ujian terbuka di kampus PDIH Untag Jl. Pemuda 70 Semarang, pada 13 April 2019 lalu.

Prof. Liliana yang juga selaku tim komisi  menyampaikan hasil ujian terbuka, bahwa Mulyani termasuk mahasiswa yang istimewa karena merupakan alumni lulusan pertama pada PDIH Untag dengan predikat cumlaude, baik dalam ketepatan waktunya maupun prestasinya, sehingga keseriusan dan ketekunan maupun kemilitannya dapat menjadi contoh suritoladan bagi teman seangkatannya maupun adik kelasnya.

Dengan desertasinya ini, berarti dia telah memberikan konstribusi pemaknaan konsep hukum tentang bisnis waralaba. Untuk itu dia berpesan, janganlah puas sampai disini, teruslah belajar dan berjuang sampai titik yang paling tinggi, hingga dapat menyandang gelar Profesor nantinya.

Dekan Fakultas Hukum Untag Dr. Edy Lisdiyono, SH, MH selaku ketua sidang sebelum menutup ujian terbuka promosi doktor memberikan ucapan selamat kepada Mulyani yang lulus pertama kali sebagai doktor pada PDIH Untag, karena ini sangat membanggakan sekali bagi keluarga dan khususnya Fakultas Hukum Untag.

Edy mengatakan, bahwa untuk menjadi doktor bukanlah hal yang mudah, namun setelah memperoleh gelar doktor ini jangan sombong dan jagalah selalu almamater.

(ZRI)

 

 

Martha Tilaar Salon day Spa Buka Gerai Ke-73 di Palembang
Pada awal bulan Oktober 2017 Martha Tilaar kembali ekspansi gerai outlet ke 73, tepatnya di Jl. R. Sukamto No 1335 A – B, Palembang. Spa ini konon menjadi destinasi rileksasi pertama di kota ini
Read More
TOPCOAT Buka Outlet di Pekanbaru
Masyarakat Pekanbaru tak perlu repot-repot mencari bengkel perawatan eksterior dan interior mobil saat ini. Pasalnya,Topcoat hadir kini hadir di Pekanbaru membuka gerai di Jl. Soekarno Hatta no. 5. To
Read More
Rayakan Ultah ke-40, KFC Indonesia Kolaborasi dengan 4 Designer Muda
Merayakan 40 tahun KFC maju bersama Indonesia, untuk pertama kalinya KFC Indonesia masuk dalam dunia gaya hidup dengan menghadirkan koleksi eksklusif sneakers dan streetwear hasil kolaborasi dengan em
Read More
KFC Indonesia Luncurkan Gerakan #Nostrawmovement
Beberapa sumber mengungkapkan bahwa sampah sedotan plastik masih menduduki peringkat ke-5 penyumbang sampah plastik di dunia termasuk Indonesia. Melihat kondisi tersebut KFC yang telah mencanangkan ge
Read More