Chicken Inc, Keunikannya Terletak Pada Packaging yang Casual nan Modern

Berawal dari bisnis catering, pria bernama lengkap Alvin Gunawan terinspirasi mendirikan bisnis olahan ayam yang unik dengan packaging box. Awal memulai usahanya ini pada awal 2018. Dengan packaging yang unik dan varian topping yang bervariasi yang diberi nama Chicken Inc.

“Sebelum kami memilih chicken.inc sebelumnya kami sempat mau memakai nama ayam mendes, tapi belakangan kami baru tau kalua kata “mendes” katanya punya konotasi yang kurang baik yah? Maka dari itu, kami rubah menjadi “chicken.inc”, paparnya.

Pertimbangan sang owner mendirikan bisnis ini lantaran ingin menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang yang membutuhkan. Selain itu ia juga ingin mengenalkan produk local khas besutannya ke khalayak luas.

Chicken Inc menurut Alvin sangat cocok dengan lidah masyarakat Indonesia, selain bahan utama ayam yang digunakan, makanan ini juga sangat praktis di konsumsi dan bias di bawa kemana saja.

Sedangkan dari sisi investasi bagi franchisee, dirinya menciptakan sistem yang sangat memudahkan franchisee baik dalam menjalankan operasional bisnisnya maupun juga dari segi biaya yang relatif cukup terjangkau.

Soal menu yang ditawarkan di Chicken Inc yaitu rendang, woku-woku, sambal bawang, dan menu yang sedang hits yakni salted egg. Soal harga Alvin memnatok untuk per porsi mulai dari Rp 15 ribu.

Disamping namanya yang sudah catchy dan tak asing di telinga, produk dari Eatlah dikemas dengan kemasan yang mudah dikenali oleh para pelanggan.

Jika Anda melihat kemasan dari produk dari Salted Egg Chicken dari Chicken Inc, Anda dapat melihat kesan casual, trendy, unik dan tampak modern alias kekinian.

Kemasan tersebut ternyata sudah sangat sering digunakan penjaja makanan ringan di Negeri Tirai Bambu. Biasanya kemasan seperti itu digunakan untuk mengemas mie sehingga sangat umum ketika kemasan itu disebut sebagai Chinese Food Box.

Kemasan Chinese Food Box tersebut memberi inspirasi bagi pendiri Chicken Inc dan menjadikannya sebagai kemasan untuk produk take away dari usaha yang ia jalankan tersebut.

“Saat ini kami memiliki total 5 outlet yang tersebar di Jakarta, Serpong, Semarang & Pekanbaru. 4 milik franchisee, 1 milik pusat, “ ujarnya.

Adapun paket franchise terbagi menjadi dua. Pertama, Paket On the Go mulai Rp 30 juta (tanpa peralatan dapur) – Rp. 38 juta (lengkap dengan peralatan dapur & siap untuk berjualan). Berlaku selamanya tanpa perpanjangan license, Management fee baru dimulai di tahun ke 2 dan seterusnya sebesar 5%. Tipe ini cocok untuk kios, lapak, kantin, dll, free food blogger endorsement sebagai sarana promosi, sudah include bahan baku awal.

Kedua, Paket Resto mulai dari Rp 40 juta (tanpa peralatan dapur) – Rp 68 juta (lengkap dengan peralatan dapur & siap untuk berjualan). Berlaku selamanya tanpa perpanjangan license, tanpa management fee. Tipe ini cocok untuk ruko & kios, free food blogger endorsement sebagai serana promosi dengan kelas & budget yang lebih besar dari paket “On the Go”. Sudah include bahan baku awal dan  diperbolehkan menjual aneka snack & minuman (menu utama hanya boleh dari chicken.inc).

Target awal semester 2019 ini penambahan 5 outlet lagi, sehingga total ada 10 outlet sampai dengan awal semester 1 tahun ini.

“Strateginya adalah dengan terus meningkatkan brand awareness &  menjaga dengan sungguh-sungguh Quality Control sehingga rasa & eating experience yang customer dapatkan akan sama di semua outlet,” tutupnya.

Alvin Pratama

 

 

Prime Generation, Bimbel dari Jogja Yang Siap Ramaikan Industri Waralaba
Kebutuhan belajar siswa tidak cukup jika hanya dilakukan saat berada di sekolah saja, terkadang para orang tua menginginkan agar anak-anaknya lebih pintar sehingga mereka memberikan pendidikan atau le
Read More
Bimbel Asal Bali Ini Siap Bersaing di Industri Waralaba
Satu lagi peluang bisnis bimbingan belajar atau bimbel yang akan meramaikan industri waralaba Indonesia. Kali ini pemain waralaba bimbel berasal dari Denpasar, Bali, yaitu Ganda Edukasi.   Ganda
Read More
Radja Ketjil, Rumah Makan Raja Bercita Rasa China Peranakan
Mengusung resto china peranakan, Radja Ketjil tampil membidik pangsa pasar menengah. Restoran yang sudah berdiri sejak 2007 ini mulai menawarkan peluang bisnisnya tahun ini. Seberapa prospektif peluan
Read More
Eggio Waffle, Terlahir dari Solo Lalu Merambah ke Timur Pulau Jawa
Kota Solo memang kerap melahirkan banyak bisnis-bisnis kemitraan. Seperti Eggio Waffle ini. Seperti apa peluang bisnisnya? Di Hong Kong, makanan ini merupakan bisnis street food. Bentuknya bulat-bula
Read More