Ruben Onsu Gugat Kasus Merek Bensu

Ruben Samuel Onsu mengajukan gugatan ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat dalam upayanya untuk mendapatkan hak eksklusif atas merek Bensu.

Bensu adalah merek yang Ruben gunakan untuk mengembangkan bisnis kuliner warung cepat saji ayam geprek di Tanah Air. Sudah ada lebih dari 80 gerai Geprek Bensu yang dibuka di seluruh Indonesia.

Sayangnya, kesuksesan Geprek Bensu harus terhambat dalam upaya pendaftaran merek ke Direktorat Merek, Ditjen Hak Kekayaan Intelektual (DJKI) pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi manusia.

Ruben saat ini tengah mengajukan gugatan ke PN Jakarta Pusat dengan nomor perkara 48/Pdt.Sus-HKI/Merek/2018/PN Niaga Jkt.Pst. Berkas gugatan tercatat didaftarkan pada 25 September 2018 yang dapat ditelusuri lewat Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Tergugat bernama Jessy Handalim, yang berdasarkan data World Intellectual Property Organization (terintegrasi dengan data Direktorat Merek DJKI) yang bersangkutan beralamat di Bandung. Jessy adalah pemegang sertifikat merek Bensu dengan nomor IDM000622427 yang diajukan pada 3 September 2015 dan dinyatakan terdaftar pada 7 Juni 2018, dan baru akan kedaluwarsa pada 3 September 2025.

Kehadiran merek Bensu di dalam daftar umum merek inilah yang agaknya menghambat upaya Ruben mendaftarkan mereknya sendiri ke Kemenkumham. Untuk itu, dia mengajukan gugatan ke pengadilan untuk membatalkan merek BDalam petitum (bagian surat gugat yang dimohon untuk diputuskan atau diperintahkan oleh pengadilan), Ruben minta agar pengadilan menyatakan bahwa Bensu adalah singkatan nama orang terkenal, alias namanya sendiri.

Selain itu, dia minta majelis hakim agar menyatakan merek Geprek Bensu milik penggugat (Ruben) adalah merek terkenal. “Menyatakan Penggugat sebagai pendaftar merek ‘Bensu’ yang beritikad baik dan mempunyai hak tunggal/khusus untuk memakai merek tersebutensu milik Jessy.

Berdasarkan penelusuran di daftar umum merek, Ruben tercatat tengah mengajukan permohonan pendaftaran sejumlah merek a.l. Bensu, Bensu Sosis, Bensu Bakso, Bensu Nugget, Geprek Bensu, Bensu Otak-otak, dan Bensu Drink + Lukisan. Merek-merek tersebut masih dalam status ‘pending’.(AP)

Pameran Waralaba IFBC 2018 Kembali Digelar
Info Franchise & Business Concept 2018 (IFBC) kembali digelar. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pameran waralaba & peluang usaha ini digelar di Balai Kartini, Jakarta Selatan pada 9 Maret 2018. Pameran
Read More
Era Dinobatkan Sebagai The Consistent Broker
ERA Indonesia kembali meraih penghargaan Properti Indonesia Award 2015 sebagai The Consistent Broker pada 19 Agustus 2015, di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta. Penghargaan tersebut diterima oleh Bapak D
Read More
KFC Gandeng Nissan New Grand Livina Untuk Apresiasi Customer
KFC kembali memberikan berbagai hadiah untuk para pelanggannya. Kali ini, dalam program yang dinamakan KFC Livina Vaganza, KFC bekerja sama dengan NISSAN menyediakan 6 Unit New Grand Livina XV HWS. Ti
Read More
Para Franchisor Ramaikan Kegiatan Reuni Panduo Charity
Sejumlah franchisor dan mitra Bambu Spa ikut meramaikan kegiatan reuni Panduo Charity yang menggelar Golf Gathering di Kota Modern, Tangerang, akhir Mei 2016. Panduo Charity merupakan kumpulan angkat
Read More