PCP Express, Tumbuh Pesat Berkat Layanan Prima dan Harga Terjangkau

Memiliki keunggulan dalam hal layanan dan harga yang ekonomis. Bisnis kurir yang berdiri di tahun 1999 ini merupakan salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Seperti apa peluang bisnisnya?

Tumbuhnya bisnis E-commerce ditanah air serta kondisi geografis negara Indonesia, menjadikan bisnis jasa kurir atau jasa titipan menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan bisnis tersebut. Bagi pelaku bisnis jasa kurir, potensi ini juga sangat menjanjikan, mengingat bukan saja dari industri E-commerce yang membutuhkan jasa ini, tetapi hampir setiap lini industri pasti membutuhkan jasa pengiriman.

Salah satu pemain bisnis di jasa kurir adalah PCP Express saat ini sudah memiliki lebih dari 200 gerai diseluruh Indonesia. Bisnis ini bisa dibilang menggiurkan lantaran Omzet perbulan mencapai Rp 10 juta per gerai. Tidak heran jika bisnisnya terpiliha sebagai The Most Promising brand 2018.

Pertimbangan Eriawan dalam menjalankan bisnis ini adalah permintaan pasar atas jasa pengiriman masih sangat tinggi. Di PCP Express juga di dukung kantor perwakilan dan jaringan pengantaran hampir diseluruh provinsi, hal ini menjadi nilai tambah tersendiri khususnya para mitra PCP Express.

“Peluang bisnis kemitraan sebenarnya sudah kami mulai sejak beberapa tahun lalu, namun kami baru mulai fokus dengan program kemitraan sejak 2017 lalu,” tandasnya.

Saat ini PCP Express tidak menerapkan franchise fee ataupun royalty fee, namun bisnis ini memiliki model bagi hasil serta target penjualan yang harus dicapai, untuk mempertahankan kelangsungan operasi harian mitra.

“Jika mitra kami bisa segera mencapai transaksi diatas 25 paket per hari, maka BEP dapat dicapai dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun,” ujarnya.

Soal investasi PCP Express saat ini ada Program sampai dengan akhir tahun ini adalah Zero Joining Fee and Deposit.

Layanan utama yang ada di PCP Express adalah overnight service atau pengiriman dengan jaminan pengantaran satu malam bergaransi. Selain itu PCP Expres juga melayani pengiriman dengan waktu cepat sampai dengan tarif ekonomis.

Meski saat ini banyaknya kompetitor di jasa kurir, PCP Express juga melakukan inovasi dalam hal pelayanan. Sebagai contoh ketika pasar membutuhkan layanan pengiriman dengan basis technologi, PCP Express terus melakukan investasi serta development yang cukup serius di sektor ini.

Jika dibandingkan dengan market leader di industri ini, harga di PCP Express 5% hingga 10% lebih kompetitif. Mengenai range harga akan sangat bervariasi, karena di industri kurir, jarak tempuh dan berat paket yang akan dikirimkan akan sangat mempengaruhi tarif pengiriman.

Dalam memasarkan bisnis ini Eriawan menggunakan media digital sejak tahun 2017. Namun porsinya memang belum terlalu besar. Menurutnya tahun 2018 ini ia akan gencar memanfaatkan digital marketing untuk memasarkan layanannya. Meski begitu PCP Express aktif melakukan social media serta dan digital Ads. akan menjadi media utama dalam aktivitas promosi digital. “Saat ini kami memasarkan bisnis kami melalui media sosial, exhibition serta referensi dari mitra kami,” ujarnya.

Target kedepan PCP Express akan memperluas jaringan gerai penjualan sekaligus bekerjasama dengan Mitra PCP Express di seluruh Indonesia. Kemudian memperluas jaringan pengantaran sesuai dengan kebutuhan pengiriman dari sektor E-Commerce, dan yang terakhir fokus pada inovasi berbasis teknologi untuk mempermudah pelanggan PCP Express dalam mendapatkan layanan dan informasi pengiriman.

 Alvin Pratama

 

Ramen Akashi, Ramen Halal Yang Menjadi Santapan Media Jepang
Kuliner di Indonesia memang tidak ada matinya. Makin hari kita makin disuguhkan dengan cita rasa makanan dan minuman yang berbeda-beda. Tak terkecuali makanan asal Jepang yang juga turut memeriahkan r
Read More
Naavagreen Natural Skincare, Pendatang Baru yang Terlahir Dari Nama Besar Natasha
Kabar gembira bagi para investor yang selama ini mengincar investasi di bisnis klinik kecantikan sekelas Natasya, kini bisnis besutan dr Fredi Setyawan itu menawarkan sistem waralaba tetapi dengan mer
Read More
Hejo Hejo, Meneguk Peluang Bisnis Cendol Yang Naik Kelas
Orang Indonesia baik tua maupun yang muda tentunya sudah tidak asing lagi ketika mendengar kata cendol. Ya, minuman khas Indonesia ini sudah menjadi satu kuliner yang tak bisa lepas dari memori masyar
Read More
Pempek Ny.Farina, Peluang Bisnis Kuliner Khas Palembang Yang Prospektif
Di usianya yang  sudah 22  tahun, pempek asal Surabaya ini baru-baru ini menawarkan peluang franchise. Seperti apa peluang bisnisnya? Hampir tiap daerah di Indonesia memiliki kuliner khas m
Read More