Manfaat Traveling Bagi Kesehatan

Traveling baik Anda sadari atau tidak, adalah kegiatan yang punya banyak manfaat. Manfaat dari traveling bukan hanya untuk kesenangan sesaat tetapi juga untuk kesehatan mental anda. Di kehidupan penuh tekanan saat ini, kesehatan mental masih menjadi isu yang disepelekan

Selama ini masyarakat sangat peduli dengan kesehatan jasmani, namun lupa bahwa tubuh ini tidak hanya berjalan atas dasar proses fisiologis dan biologis saja. Tubuh juga memiliki kesehatan mental yang perlu juga untuk diperhatikan.

Salah satu terapi yang membawa efek positif terhadap kesehatan mental Anda adalah traveling. Berapa kali Anda mendengar seseorang yang telah mapan secara finansial namun memilih untuk resign dan menjadi traveler? Kiah-kisah tersebut semakin membuktikan bahwa traveling mempunyai daya penyembuhan tersendiri karena ada pengalaman dan pelajaran baru yang bisa diambil dari perjalanan Anda

Saat ini untuk traveling pun tidak serumit dahulu. Anda dapat dengan mudah untuk merencanakan perjalanan hanya dengan smartphone anda. Anda bisa mencari inspirasi destinasi wisata dari akun-akun Instagram yang memang mengkhususkan diri untuk menginspirasi para traveler. Pembelian tiket pesawat pun semakin sederhana dengan banyaknya website atau aplikasi yang memudahkan transaksi. Bagi Anda yang ingin traveling ke negara lain pun tidak perlu bingung karena beberapa website atau aplikasi ticketing ini pun kerap menawarkan tiket promo pesawat dan informasi mengenai tempat-tempat menarik yang bisa Anda tuju.

Pembelian tiket pesawat pun semakin sederhana dengan banyaknya website atau aplikasi yang memudahkan transaksi. Bagi Anda yang ingin traveling ke negara lain pun tidak perlu bingung karena beberapa website atau aplikasi ticketing ini pun kerap menawarkan tiket promo pesawat dan informasi mengenai tempat-tempat menarik yang bisa Anda tuju.

Apabila Anda masih meragukan manfaat dari traveling, berikut beberapa alasan mengapa traveling dapat meningkatkan kesehatan mental Anda.

1. Bertemu orang-orang baru

Berada dalam lingkaran orang-orang lama memang membuat Anda nyaman. Namun jangan mudah tertipu dengan kenyamanan yang berujung pada hal yang itu-itu saja. Bertemu dengan orang-orang baru selama Anda traveling mampu membuat anda keluar dari zona nyaman.

Dengan bertemu dengan orang-orang baru, maka Anda bisa mempelajari hal-hal baru karena setiap orang mengandung pengetahuan yang tidak diketahui oleh orang lain, memiliki opini yang berbeda dengan orang-orang lain, serta memiliki pengalaman yang tidak dimilik oleh orang lain.

Ketiga hal itu bisa Anda resap dan Anda jadikan sebuah sudut pandang baru dalam melihat dunia. Itulah salah satu manfaat dari traveling, mendapatkan sudut pandang baru sehingga Anda bisa melihat dunia dengan lebih holistik dan fresh.

2. Makanan-makanan baru

Tentu saja Anda pernah mendengar istilah ”you are what you eat”. Makanan adalah sumber tenaga Anda. Seluruh nutrisi yang terkandung dalam makanan akan diedarkan ke seluruh tubuh.

Dengan traveling, Anda dapat menemukan makanan-makanan baru yang unik dan tidak pernah Anda coba sebelumnya. Tidak setiap hari Anda bisa merasakan gudeg tengah malam senikmat di Jogja, babi guling segurih di Bali, atau century egg seotentik di Tiongkok.

Semua makanan yang Anda temukan di tempat baru bukan hanya membawa kesenangan sesaat saja, tetapi menjadi pengalaman dan cerita yang dapat memperkaya diri Anda. Pengalaman-pengalaman gastronomi itu dapat membuat Anda berhenti sejenak dan bersyukur bahwa betapa besarnya kenikmatan yang ada di dunia ini.

3. Lingkungan yang baru

Lingkungan baru di luar zona nyaman Anda dapat mendorong Anda untuk berkembang. Lingkungan baru juga memiliki kebudayaannya masing-masing. Dengan demikian, Anda dapat belajar mengapa masing-masing daerah memiliki kebudayaan yang kontras, mengapa Singapura dan Jepang mampu menciptakan warga yang tertib, mengapa Vatikan dan Mekah begitu terasa spiritual.

Perbedaan antara masing-masing budaya ini memberikan kesempatan kepada Anda untuk lebih peka sekaligus menempa kemampuan komunikasi Anda. Anda belajar untuk menggunakan pendekatan yang berbeda untuk orang yang berbeda. Kemampuan tersebut bukanlah kemampuan yang sia-sia. Kemampuan tersebut justru bekal yang baik untuk perkembangan soft skill Anda.

Itulah tiga alasan kenapa traveling bisa bermanfaat untuk Anda. Sejatinya, baik sendiri atau bersama-sama, traveling adalah sebuah proses menuju self-loving. Dengan traveling, Anda bisa mengenal siapa diri Anda sebenarnya. Apabila anda tidak mengenal diri Anda sendiri, bagaimana mungkin Anda dapat mencintai diri Anda sendiri? (ZR)

 https://www.traveloka.com/update

Melindungi Merek Franchise Agar Bebas Sengketa
Dalam hidup ini terus muncul pertanyaan klasik yang selalu berulang dan bakal dijumpai oleh setiap pebisnis, misalkan: ingin membuat produk sendiri atau mengandalkan barang impor, kemudian uang yang s
Read More
Anda Mengalami Black Campaign dari Kompetitor? Ini Cara Menghadapinya
Salah satu hal yang cukup langka namun cukup sering dimintakan kepada saya untuk diceramahkan adalah hal  ‘etika bisnis’. Dan pertanyaan sederhana yang pernah dilontarkan di antaranya
Read More
Cara Menentukan Royalti Fee di Berbagai Skala Bisnis Franchise
Salah satu faktor yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan sistem franchise adalah royalti fee. Apakah bisnis franchise berskala besar, sedang atau kecil memerlukan perlakuan berbeda dalam menentuk
Read More
Cara Memilih dan Menentukan Field Manager
Prinsip “Right People In The Right Place” hendaknya menjadi perhatian, khususnya bagi franchisor dalam menentukan posisi bagi setiap personil dalam organisasi bisnisnya. Pasalnya, posisi yang tepa
Read More