Melihat Pertumbuhan Waralaba Lokal dan Asing di 2018

Mengembangkan usaha jenis Waralaba memang memiliki tingkat tantangannya sendiri dan harus diselesaikan dengan baik untuk mendapatkan keuntungan lebih besar. Dikarenakan lebih mudah dalam mengembangkan nya maka banyak orang yang memilih untuk mengambil bisnis Waralaba. Begitu pun di tahun 2018 ini, usaha jenis waralaba masih akan digandrungi oleh para pelaku bisnis.

Sejak 2 Januari 2018 sampai dengan 22 Februari 2018 terdapat sebanyak 23 permohonan STPW. Ini tidak hanya mengindikasikan bahwa pertumbuhan Waralaba, namun juga mengindikasikan aspek kepatuhan berusaha tinggi (compliance) dari pelaku Waralaba. Dalam hal compliance ini pihak Kemendag khususnya bidang bina usaha dan pelaku distribusi patut menghaturkan terima kasih kepada pelaku usaha.

Untuk melihat hal ini, salah satu parameter yang secara faktual dapat di pertanggung jawabkan adalah, dengan mengetahui jumlah permohonan Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW) secara daring melalui http://sipt.kemendag.go.id/portal/news.

Pertumbuhan Waralaba harus di mulai dengan pertumbuhan business opportunity (BO). Pertumbuhan BO saat ini berbanding lurus dengan penciptaan Wirausaha baru di Indonesia. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2016, rasio Wirausaha di Indonesia naik dari 1,67 persen menjadi 3,10 persen dari jumlah penduduk sebanyak 225 juta orang. Perekonomian Indonesia pada triwulan II 2016 mengalami pertumbuhan sebesar 5,01 persen (y on y), dengan produk domestik bruto atas dasar harga berlaku mencapai Rp 3.366,8 triliun.

Premis di atas merupakan konfirmasi bahwa Waralaba Indonesia terus tumbuh dan berkembang. Salah satu yang melatarbelakangi pertumbuhan ini adalah paket ekonomi yang digulirkan oleh pemerintah dalam memeberikan insentif kemudahan dalam berwirausaha.

Hingga saat ini Waralaba Lokal yang sudah mengantongi izin STPW kurun waktu 2012-2017 berjumlah 129 dengan jenis usaha dominan adalah sektor makanan dan minuman berkonsep kafe dan resto.

Sedangkan Waralaba asing terdapat 96 STPW yang sudah resmi mengantongi izin tersebut.

 

Membidik Pasar Luar Negeri dan Tantangannya
Sebelum memutuskan untuk ekspansi ke pasar global, maka para pewaralaba harus memahami terlebih dahulu berbagai faktor misalnya potensi pasar negara tujuan. Hal ini bisa dilihat dari selera masyarakat
Read More
Pendampingan UKM Waralaba Menjadi Prioritas di 2015
Tahun boleh saja berganti, tetapi program pendampingan UKM waralaba atau potensial waralaba pada 2015 akan tetap dijalankan sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Karena program tersebut memang merup
Read More
Mengajak TKI & Mahasiswa di Taipei untuk Berbisnis Waralaba
Bukan saja di dalam negeri, kegiatan edukasi kepada masyarakat Indonesia terus dilakukan Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI. Bahkan para buruh migran dan mahasiswa Indonesia yang berada di Taipei j
Read More
Belum Memiliki STPW? Siap-Siap Didenda Rp 100 Juta
Dalam rangka meningkatkan jumlah penerbitan STPW bagi Pemberi Waralaba Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan melakukan kegiatan Pengawasan Kegiatan Usaha Waralaba secara rutin. Melalui kegiatan terse
Read More