5 DISRUPTIVE MARKETING TRENDS

Kata disruptive innovation sudah sering kita dengar dan saya pikir Anda pasti sudah mengetahuinya. Dalam artikel ini saya ingin membahas tentang Disruptive Marketing yang juga sedang terjadi saat ini. Disruptive Marketing dapat diartikan sebagai inovasi program marketing yang mampu mempengaruhi pasar dan sifatnya menggantikan cara ‘marketing lama’ yang sudah ada sebelumnya.

 

Dalam artikel kali ini saya mencoba untuk memaparkan beberapa trend disruptive marketing yang perlu Anda ketahui agar tidak ketinggalan jaman dan membuat Anda berpikir untuk melakukan sesuatu yang positif agar brand Anda tetap dapat bertumbuh dan berkembang di era modern ini.

Teknologi Mobile Makin Punya Pengaruh

Jutaan orang di dunia sudah tidak bisa berpisah dengan smartphonenya. Ini juga berarti bahwa teknologi mobile mulai punya peran yang luar biasa dalam membantu program marketing sebuah brand. Bahkan dapat dikatakan, jika saat ini sebuah brand tidak dikenal dalam dunia online maka masa hidupnya sudah tidak akan panjang lagi. Saya amati banyak brand yang tiba-tiba ngetop karena diiklankan secara online. Saya ingat ada satu produk kuliner yang sebenarnya tidak terlalu ngetop di suatu kota, tetapi hampir semua orang luar kota yang berkunjung ke kota tersebut selalu membeli produk tersebut karena dianggap terkenal karena selalu dibicarakan dalam forum online.

Konten Menjadi Sangat Penting

Dalam dunia serba digital dan komunikasi semakin mudah, maka para pebisnis diharapkan untuk mengisi konten (isi website) secara serius. Kontan dalam sebuah website sangat penting dan harus selalu diupdate agar menarik bagi para pembaca. Konten harus terus dihidupkan supaya mampu mendorong terjadinya proses penjualan. Semua konten baik berupa tulisan, gambar, audio, dan video harus menarik dan mudah dicerna oleh target market.

Brand Yang Melekat Di Hati

Brand yang kuat dan disukai oleh customer dengan sendirinya akan menyebar secara online dan ini akan membuat sebuah brand menjadi semakin besar karena banyak dibicarakan oleh customer di social media dan forum-forum online. Biaya marketing akan bisa ditekan karena market membicarakannya dan customer dengan rela hati mau menyampaikan informasi tentang kebaikan sebuah brand.

Fokus Pada Generasi Z

Jika ingin sukses dan tetap bertahan dalam jangka waktu yang panjang, maka brand harus fokus memikirkan keinginan generasi Z karena mereka inilah yang nantinya akan menggantikan generasi millenial. Jadi pemahaman terhadap perilaku genarasi Z harus mampu ditangkap secara benar oleh pebisnis agar mampu menciptakan produk/ jasa yang pas untuk generasi tersebut.  

Berikan Pelayanan Yang Personalized

Customer era digital ingin diperhatikan secara personal atau dilayani secara khusus. Mereka semua ingin diistimewakan. Untuk itu pebisnis mesti jeli ketika berkomunikasi dengan mereka. Penyebutan nama menjadi sangat penting untuk setiap email yang dikirimkan, apalagi mereka sudah lama menjadi pelanggan. Pemahaman terhadap ekspektasi customer membuat mereka merasa lebih dekat dan meningkatkan kepercayaan terhadap sebuah produk/ jasa. Peran Service Excellence tidak diragukan lagi mampu membentuk kelompok loyal customer yang akan sangat diperlukan oleh sebuah brand.   

Para pembaca sekalian, demikian 5 trend dalam dunia marketing yang harus Anda perhatikan. Fokuslah kepada 5 hal tersebut di atas dalam setiap kegiatan marketing yang Anda lakukan. Segera lakukan setelah Anda membaca artikel ini.           

Bagi pembaca Majalah Franchise yang ingin konsultasi lebih jauh tentang artikel ini, silahkan email ke info@djokokurniawan.com atau twitter @djokokurniawan atau IG:djoko.kurniawan

 

Ditulis oleh, Djoko Kurniawan Senior Consultant of Business, Franchise & Service Quality

DK Consulting Group

www.djokokurniawan.com

 

 

HAPPY FRANCHISEE = HAPPY FRANCHISOR
Ada satu hal menarik ketika saya bertemu dengan calon klien yang akan mengembangkan sistem franchisenya. Calon klien saya tersebut ingin lebih aktif lagi mencari rekanan/ franchisee baru untuk mengemb
Read More
Saatnya Pebisnis Menjual Experience & Happiness
Ketika mengadakan workshop ‘Marketing & Branding di Era Modern Menyambut MEA 2015’, saya memaparkan kepada peserta yang hadir bahwa pebisnis di era modern tidak boleh hanya menjual produk/ ja
Read More
MENGAPA CUSTOMER TIDAK JADI MEMBELI?
Sebagai seorang Konsultan Bisnis, saya masih menyempatkan diri untuk sesekali menjadi mystery shopper secara langsung. Saya lakukan hal ini karena ingin mengetahui pelayanan di market secara lebih rea
Read More
Simbiosis Mutualisme Franchisor & Franchise
Idealnya hubungan antara franchisor dan franchisee harus selalu harmonis. Namun kebanyakan justru hubungan hanya berjalan dengan baik di awal kerja sama saja dan banyak yang berakhir dengan perseterua
Read More