Scuto Nano Ceramic, Menangkap Prospek Bisnis Salon Mobil Teknologi Nano Ceramic

Scuto salon mobil yang menawarkan kemitraan usaha jasa Laminating atau Nano Ceramic mobil dengan teknologi  khusus. Hingga saat ini Scuto memiliki 50 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Seperti apa peluang bisnisnya?

Layanan jasa salon mobil tetap dibutuhkan masyarakat selama kendaraan masih wara wiri di jalan raya. Sebab, debu jalanan yang menumpuk di bodi maupun mesin membuat mobil terlihat kusam. Selain menggunakan bahan pasta wax, kini marak sistem laminating atau nano ceramics.

Salah satu penyedia layanan jasa ini adalah Scuto. Merek ini berdiri sejak 7 tahun yang lalu. Pertimbangan sang owner mendirikan usaha ini adalah karena melihat populasi mobil yang di jual di indonesia makin hari makin banyak.

“Saat ini banyak orang yang sudah melek dengan perawatan mobil yang rapi dan mengkilap,  dan saya punya skill tentang ini, karena sejak kecil saya sangat suka dengan mobil bersih, kinclong dan detailing,” kata Sugiarto Ongko, Owner Scuto.

Gerai scuto pertama kali buka di kota Medan tepatnya di Jalan Cemara. Scuto mempunyai strategi yang sangat berbeda denga salon salon mobil pada umumunya. Tatkala semua merk memulai di jakarta dan menyebar ke daerah daerah lainnya. sedang Scuto justru melakukan flanking strategy ( berputar dari luar ke dalam). Strategy flanking sangat berbeda dan sangat effective untuk mengepung pasar.

Bagi yang masih awam tentang nano ceramic, bahan ini merupakan paint protection yang diproses dengan teknologi nano, sehingga menjadikan partikel keramik ini memiliki ukuran nano atau setara 0,000000001 meter. Di pasaran, bahan ini umum dikenal sebagai laminating mobil yang berguna untuk melindungi cat dari berbagai macam kondisi

Karena ukuran partikel ini sangat kecil hingga dapat menutup pori-pori cat dengan sangat rapat dan menjadikannya kedap udara dan mencegah kotoran masuk ke dalam pori cat. Selain itu, layaknya sebuah kertas yang dilaminating, produk Scuto ini juga dapat mencegah terjadinya jamur/watermark spot, oksidasi udara dan mampu melindungi cat dari sinar UV.

Keunikan layanan jasa yang ditawarkan Scuto adalah " permnent coating" tanpa syarat. banyak produk produk sejenis yang mengenakan banyak sekali syarat dalam mengklaim kartu garansi. ”Karena kami yakin dengan kekuatan produk kami tidak ada syarat apapun dalam klaim kartu garansi,” kata Sugiarto.

Adapun harga layanan jasa laminating ada 4 kategori untuk kategori small: Rp 3 juta ( mobil Hatchback seperti Jazz), Medium: Rp 4 juta  (mobil SUV Avanza), Large: Rp 4,5 juta ( MPV seperti Fortuner dan Pajero), Luxury: Rp 6,5 juta  (Alphard).

Lebih lanjut, Sugiarto mengatakan, pemasangan nano ceramic ini pun tidak membutuhkan waktu lama. Pengguna mobil hanya perlu menitipkan kendaraanya di gerai Scuto selama enam jam. Setelah itu mobil sudah terlindung dari pancaran sinar UV dan jangkauan spot karena jamur.

Bagi yang tertarik dengan peluang usaha Scuto, investasi waralaba yang ditawarkan sebesar Rp 600 juta. Dari investasi terdapat rincian Rp400 juta untuk membeli barang dan peralatan. Rp 150 juta untuk sewa gedung dan Rp 50 juta untuk renovasi tempat.

“Kami tidak mengenakan initial fee, atau royalty fee. Jadi konsepnya beli putus, tapi kami akan support penuh mitra mulai dari pelatihan, promosi dan marketing, untuk balik modal kita perkirakan selama 12 bulan, ” jelas Sugiarto.

Scuto Indonesia hadir di 50 kota, antara lain Jakarta, Surabaya, Jember, Tangerang, Serang, Cilegon, Bekasi, Bogor, Depok, Malang, Purwakarta, Bandung, Tasikmalaya, Karawang, Cirebon, Semarang, Yogya, Purwokerto, Klaten, Solo, Tegal, Denpasar, Singaraja, Medan,Stabat,  Rantau Prapat, Tanjung Balai Asahan, Siantar, Banda Aceh, Padang, Bukit Tinggi, Pekan Baru, Duri, Dumai, Jambi, Bengkulu, Palembang, Lubuk Linggau, Bandar Lampung, Samarinda, Banjarmasin, Balikpapan, Tanah Grogot, Pontianak, Batam, Tanjung Pinang ,Kotamobagu, Manado, Makassar dan Sorong

Alvin Pratama

 

 

 

 

 

Sambel Lombok, Mengantongi Laba dari Pedasnya Bisnis Restoran Khas Sambel Lombok
  Bisnis kuliner dengan konsep sambel pedas saat ini memang sedang tren. Tak ayal, banyak rumah makan yang menawarkan konsep demikian. Salah satunya adalah restoran yang bermarkas di Tangsel ini
Read More
Menembus 200 Outlet Dalam 1 Tahun
Siapa yang menyangka, bisnis yang berawal dari pencarian di internet ini bisa memiliki 200 outlet lebih hanya dalam kurun waktu satu tahun. Seperti apa peluang bisnisnya? Didirikan oleh Cahyo Adhi W
Read More
Naavagreen Natural Skincare, Pendatang Baru yang Terlahir Dari Nama Besar Natasha
Kabar gembira bagi para investor yang selama ini mengincar investasi di bisnis klinik kecantikan sekelas Natasya, kini bisnis besutan dr Fredi Setyawan itu menawarkan sistem waralaba tetapi dengan mer
Read More
Bebek Crispy Khas Bali Yang Siap Ramaikan Bisnis Franchise
Selain dikenal sebagai pulau wisata bertaraf internasional, Bali juga memiliki kuliner yang tidak kalah dengan pulau lainnnya. Salah satu kuliner favorit di Bali adalah kuliner bebek. Dibanding ayam,
Read More