FRANCHISE ‘ZAMAN NOW’

Akhir-akhir ini banyak produk baru muncul dan menjadi heboh. Produk lahir dengan cepat dan tiba-tiba jadi ngetop. Beberapa produk ditawarkan dengan sistem franchise atau business opportunity (BO) dan tanggapan market juga positif. Apakah ini trend franchise/ BO ‘zaman now’? 

Anda pasti tahu produk minuman rasa mangga Thailand yang sedang naik daun. Saat ini cukup banyak brand yang muncul. Hampir di semua pusat perbelanjaan Anda bisa menemukan minuman ini dan customer masih antusias membeli. Sekali lagi, dalam waktu singkat minuman mangga menjadi pembicaraan baru yang menarik. Selain minuman mangga, ada juga produk bakso yang juga menyedot perhatian market.   

Melihat fenomena lahirnya produk-produk baru yang menarik, dalam artikel ini saya ini memberikan analisa dari kacamata konsultan. Produk yang muncul kebanyakan ‘bukan produk yang benar-benar baru’ tetapi hanya memodifikasi produk yang sudah ada dengan sentuhan berbeda. Bahan-bahan yang digunakan juga ‘bukan baru’ tetapi berhasil ditampilkan ditampilkan dengan ‘cara baru’ yang menarik. Lalu mengapa produk baru bisa jadi trend dan ngetop? Jawabnya karena produk baru tersebut berhasil membuat customer ‘menoleh karena terlihat menarik’.

Apa artinya ini? Customer zaman now suka sesuatu yang menarik dan selalu ingin yang baru. ‘Baru’ bisa dari sisi tampilan, memakai bahan baku yang belum biasa dalam kategorinya, dan banyak hal lain yang bisa dilakukan agar terlihat menarik. Intinya kreativitas. Wow.. ternyata menghasilkan produk baru yang bisa bikin heboh tidak terlalu sulit. Mari kembali kita lihat tentang minuman rasa mangga yang didalamnya ada juice mangga, cream, dan potongan mangga diatasnya; padahal biasanya mangga hanya dijadikan juice, bahan tambahan pudding, dan buah potong biasa. Jadi minuman rasa mangga thailand yang jadi trend ternyata hanya melakukan sedikit perubahan agar bisa menjadi produk yang kreatif.

Hal yang sama juga bisa kita lihat pada brand ‘bakso’ yang sekarang sedang ngetop karena modifikasi rasa dan branding yang sangat menarik. Penambahan mozzarella, keju, dan cabe rawit serta tampilan outlet dengan tema tertentu ternyata direspon market dengan sangat baik. Bisnis bakso memang biasa tetapi jika dipikirkan lebih mendalam bisa menjadi bisnis yang sangat luar biasa. 

Para pembaca sekalian, ternyata pebisnis yang bisa melihat dengan jeli ‘target market’ dan yang ‘disukai’ oleh target market tentu saja akan lebih berhasil menciptakan produk baru yang sukses. Produk tidak harus baru tetapi harus terlihat baru.

Di akhir artikel ini saya ingin mengatakan bahwa apapun produknya dan siapapun target marketnya, yang penting pebisnis mengerti cara menarik customer-nya. Dan satu hal penting yang harus selalu diingat oleh pebisnis bahwa setiap produk yang akan ditawarkan ke market harus ‘menarik’.

Untuk itu pebisnis harus memikirkan secara mendalam sebelum produk dipasarkan agar tidak gagal di market. Ingat bahwa di zaman now semua informasi harus mudah diakses oleh customer secara online. Calon mitra di era sekarang ini juga selalu mencari informasi tentang bisnis ‘franchise/ BO’ yang menarik di internet. Jadi agar bisa menjadi pemenang di zaman now, Anda harus melakukan komunikasi pemasaran terpadu secara online.          

Bagi pembaca Majalah Franchise yang ingin konsultasi lebih jauh tentang artikel ini, silahkan email ke info@djokokurniawan.com atau twitter @djokokurniawan atau IG:djoko.kurniawan

 

 

Ditulis oleh, Djoko Kurniawan Senior Consultant of Business, Franchise & Service Qualiy

DK Consulting Group

www.djokokurniawan.com

 

Saatnya Pebisnis Menjual Experience & Happiness
Ketika mengadakan workshop ‘Marketing & Branding di Era Modern Menyambut MEA 2015’, saya memaparkan kepada peserta yang hadir bahwa pebisnis di era modern tidak boleh hanya menjual produk/ ja
Read More
PENTINGNYA KURIKULUM TRAINING
Minggu lalu saya makan di salah satu resto di daerah Greenvile Jakarta Barat. Resto itu menjual menu makanan Indonesia. Saat itu saya bertanya ke waiter seperti ini: 'Ikan bawalnya yang air tawar atau
Read More
Creating Successful Global Franchise Brands
Jika berbicara tentang brand dengan sistem franchise bertaraf internasional, pasti Anda langsung ingat dengan McDonald's, 7-Eleven, Burger King, KFC, dan masih banyak lagi lainnya. Brand-brand tersebu
Read More
Simbiosis Mutualisme Franchisor & Franchise
Idealnya hubungan antara franchisor dan franchisee harus selalu harmonis. Namun kebanyakan justru hubungan hanya berjalan dengan baik di awal kerja sama saja dan banyak yang berakhir dengan perseterua
Read More