Rini Sutendi, Mantan Reporter SCTV yang Mencoba Dunia Baru

Status sebagai karyawan tetap di stasiun televisi swasta pun harus ia tanggalkan. Memilih profesi baru sebagai PR & Marcom di West Point Hotel Bandung. Secara keilmuan, PR & Marcom memang masih satu alur dengan jurusan yang ia pilih ketika di Unpas Bandung yaitu jurusan Hubungan Internasional. Tetapi dunia jurnalis yang lebih dulu digelutinya membuatnya harus banyak menyesuaikan diri ketika bergabung di hotel bintang empat di Bandung itu.

Di kampusnya itu, perempuan yang akrab disapa Rini itu merupakan lulusan terbaik dengan IPK 3,95. Selama di SCTC ia sempat mendapatkan beasiswa short course di Australia untuk journalism & english for second language selama setahun.

Pertengahan 2016, ia memilih bergabung dengan West Point Hotel dengan jabatan sebagai Public Relations & Marketing Communication. Posisi yang juga tidak jauh dari profesinya sebagai jurnalis. Bedanya, jika sebelumnya ia berhadapan dengan narasumber untuk wawancara atau liputan, kini ia hanya berhadapan dengan rekan seprofesinya.

“Tertarik ke public relations nya, dan saya pikir masih berhubungan juga dengan jurnalistik, seperti bikin press release, bertemu dengan rekan-rekan jurnalis,” kata Rini. Di profesinya yang baru itu, ia mengemban tugas untuk mengkomunikasikan, membangun merek, dan promosi West Point Hotel Bandung. Menurutnya, tugas yang diberikan itu sangat menyenangkan. Selain bisa tetap sejalur dengan jiwanya sebagai jurnalis, juga bisa menjadi wadah untuk belajar tentang branding, dan promosi.

“Di tempat ini (West Point Hotel) saya sangat senang karena bisa belajar bagaimana melakukan promosi, dan branding yang strategis dan efektif. Jadi ketika tidak bekerja disini lagi, dan ingin berbisnis sendiri saya sudah paham tentang cara-cara branding dan promosi yang tepat. Banyak ilmu yang bisa saya terapkan dalam kehidupan saya sehari-hari kelak setelah tidak disini,” papar wanita murah senyum itu. Di Kota Bandung, selain bertugas sebagai PR & Marcom, ia juga menjadi presenter freelance di salah satu stasiun TV swasta lokal Bandung.

“Sebenarnya tujuan saya tidak lain untuk membangun jaringan dan mempertahankan hubungan yang baik dengan teman-teman media. Sehingga saya bisa terus mengkomunikasikan merek West Point Hotel,” jelas Rini. Bagaimana dengan suka dukanya di dunia barunya?

“Setidaknya sekarang jadi PR & Marcom itu pulangnya bisa lebih teratur dibandingkan saat sebagai jurnalis yang waktu kerjanya dituntut fleksibel unlimited time,”papar pehobi baca buku itu. Awalnya, ia mengaku cukup sulit beradaptasi walaupun masih satu alur dengan dunia jurnalis. Ia banyak belajar tentang tugas-tugas public relations, dan marketing communication. “Adaptasi awal ini memang cukup sulit, tetapi saya belajar karena saya yakin bisa dan masih satu linear dengan profesi saya sebelumnya di jurnalistik,” katanya.

Kini ia menjadi salah satu yang cukup populer di kalangan rekan-rekan wartawan jika berbicara tentang West Point Hotel. Di tangannya juga diletakkan tugas untuk membangun dan terus mengkomunikasikan merek hotel bintang empat dengan layanan bintang lima itu.

Julhan Sifadi

 

NOVIANNE SURYA TENGGARA Sukses Kembangkan Bisnis Bubble Tea
Berawal dari mencintai minuman bubble tea khas Taiwan, wanita cantik bernama Lengkap Novianne Surya Tenggara berdarah sunda dan tionghoa ini kepincut geluti bisnis bubble tea. Kebetulan Novi memiliki
Read More
Darryl Driyarto Han, Gigih dan Mau Mencoba Lebih Baik
Tahun 2014, Darryl Driyarto Han bersama 3 rekan yang datang dari beberapa latar belakang keilmuan yaitu Evan, Jess dan Teguh memiliki impian untuk memulai bisnis di bidang kuliner.  Merasa bisa s
Read More
Menikmati Pekerjaannya Sebagai Bagian Dari Hidup
Pekerjaan memang menjadi impian semua orang, karena tidak satupun yang mengingingkan jadi pengangguran. Namun tidak sedikit juga orang akan merasa jenuh, atau bosan, ketika sudah bekerja. Memang ke
Read More
Salman Subakat, Marketer Dibalik Kesuksesan Wardah
Layaknya sebuah pencapaian, apa yang dihasilkan Wardah di bawah kepemimpinan Salman bukanlah sesuatu yang instan. Jauh sebelumnya, Wardah juga gencar melakukan penetrasi pasar dengan berbagai kegiatan
Read More