The “Hottest” Location Business

Sebelum Anda mulai mencari untuk lokasi bisnis. Anda harus memiliki gambaran yang jelas tentang apa yang harus Anda cari. Apa yang Anda inginkan, apa yang sebenarnya tidak boleh Anda toleransi dan berapa banyak yang dapat Anda bayar.

Memiliki gambaran itu bisa menjadi proses yang memakan waktu yang menyenangkan dan membosankan, tapi penting bagi Anda sebelum Anda melangkah. Sementara banyak kesalahan memulai dapat diperbaiki di kemudian hari,  akan tetapi pilihan lokasi yang salah sering sekali tidak mungkin diperbaiki.

Melangkahlah secara sistematis dan realistis saat Anda mempertimbangkan 8 aspek berikut:

 

Gaya operasi

Apakah operasional Anda akan formal dan elegan? Atau infotmal dan santai? Lokasi Anda harus sesuai dengan gaya dan budaya yang ingin Anda bentuk. Jika bisnis Anda menjual makanan dan minuman, apakah Anda berbisnis minimarket, atau ingin mencoba beroperasi dari kios (atau stan) di mal atau gerobak yang bisa Anda pindahkan ke berbagai lokasi?

Semua sudah harus jelas dan memiliki rencana yang matang sebelumnya

Demografi

Ada dua sudut penting dalam mengenai demografi. Pertama, pertimbangkan siapa pelanggan Anda dan seberapa penting kedekatan mereka dengan lokasi Anda. Bagi pengecer dan beberapa penyedia layanan, ini sangat penting; Untuk jenis bisnis lain, itu mungkin tidak begitu penting. Profil demografis yang Anda miliki dari target pasar Anda akan membantu Anda membuat keputusan ini.

Kemudian lihat komunitasnya. Jika basis pelanggan Anda lokal, apakah ada jumlah persentase yang cukup dari populasi tersebut sesuai dengan profil pelanggan Anda untuk mendukung bisnis Anda? Apakah masyarakat memiliki basis ekonomi yang stabil yang akan menyediakan lingkungan yang sehat bagi bisnis Anda? Berhati-hatilah saat mempertimbangkan masyarakat yang sangat bergantung pada industri tertentu untuk ekonomi mereka. Angka yangrendah bisa buruk untuk bisnis.

Sekarang pikirkan tenaga kerja Anda. Keterampilan apa yang Anda butuhkan, dan apakah orang-orang dengan keterampilan itu tersedia? Apakah masyarakat memiliki sumber daya untuk memenuhi kebutuhan mereka? Apakah ada perumahan yang cukup dalam kisaran harga yang sesuai? Akankah karyawan Anda menemukan sekolah, kesempatan rekreasi, budaya, dan aspek lain dari lingkungan masyarakat yang memuaskan?

Lalu Lintas Pejalan Kaki

Bagi kebanyakan bisnis ritel, lalu lintas pejalan kaki sangat penting. Anda tidak ingin terselip di sudut tempat pembeli cenderung melewati Anda, dan bahkan area ritel terbaik pun memiliki titik-titik mati. Sebaliknya, jika bisnis Anda memerlukan kerahasiaan, Anda mungkin tidak ingin berada di area dengan lalu lintas tinggi. Pantau lalu lintas di luar lokasi potensial pada waktu yang berbeda dalam sehari dan pada hari yang berbeda dalam seminggu untuk memastikan volume lalu lintas pejalan kaki sesuai dengan kebutuhan Anda.

Aksesibilitas dan parkir

Pertimbangkan seberapa mudah fasilitas tersebut bagi semua orang yang akan menggunakannya - pelanggan, karyawan, dan pemasok. Jika Anda berada di jalan yang sibuk, seberapa mudahnya mobil masuk dan keluar dari tempat parkir Anda? Apakah fasilitas tersebut dapat diakses oleh penyandang cacat? Jenis pengiriman apa yang mungkin Anda terima, dan apakah pemasok Anda dapat dengan mudah dan efisien mendapatkan materi untuk bisnis Anda? Kurir paket kecil perlu masuk dan keluar dengan cepat. Armada angkutan truk membutuhkan jalan yang memadai dan dermaga pemuatan jika Anda akan menerima barang di atas palet.

Cari tahu tentang hari dan jam layanan dan akses ke lokasi yang Anda pertimbangkan. Apakah sistem pendinginan dibiarkan menyala atau dimatikan pada malam hari dan pada akhir pekan? Jika Anda berada di dalam gedung perkantoran, apakah ada masa ketika pintu akses terkunci. Jika demikian, bisakah Anda memiliki kunci duplikatnya? Gedung perkantoran yang strategis dengan harga terjangkau adalah kesepakatan yang buruk jika Anda berencana untuk bekerja akhir pekan tapi akses masuk ditutup pada akhir pekan-atau mereka mengizinkan Anda mengakses, namun AC dimatikan sehingga Anda terpanggang di musim panas.

Pastikan ada tempat parkir yang nyaman bagi pelanggan dan karyawan. Seperti dengan lalu lintas pejalan kaki, luangkan waktu untuk memantau fasilitas pada berbagai waktu dan hari untuk melihat bagaimana permintaan parkir berfluktuasi. Juga pastikan tempat parkir terpelihara dengan baik dan cukup terang.

Persaingan

Apakah perusahaan pesaing berlokasi di dekatnya? Terkadang itu bagus, seperti di industri dimana perbandingan belanja sangat populer. Anda mungkin juga mendapatkan luapan dari bisnis dari mereka, terutama jika Anda berada di area restoran dan hiburan. Tapi jika pesaing terdekat hanya akan membuat pekerjaan pemasaran Anda lebih ketat, carilah di tempat lain.

Dekat Dengan Bisnis dan Layanan Lainnya

Lihatlah bisnis dan layanan lain di sekitar melalui dua perspektif berikut. Pertama, lihat apakah Anda bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis terdekat-oleh lalu lintas pelanggan yang mereka hasilkan-karena perusahaan dan karyawan mereka bisa menjadi pelanggan Anda, atau karena mungkin nyaman dan efisien bagi Anda untuk menjadi pelanggan mereka.

Kedua, lihat bagaimana mereka akan memperkaya kualitas perusahaan Anda sebagai tempat kerja. Apakah lokasi sekitar memiliki pilihan restoran yang memadai sehingga karyawan Anda memiliki tempat untuk makan siang? Apakah ada pusat penitipan anak terdekat untuk karyawan dengan anak-anak? Apakah toko dan layanan lainnya yang Anda dan karyawan Anda inginkan berlokasi? Dan cermati serta detailkan semua keperluan Anda kemudian cek di lokasi yang akan Anda pilih.

Image dan Track Record Lokasi

Apa yang bisa lokasi ini katakan tentang bisnis Anda? Terutama jika Anda menargetkan pasar lokal, pastikan lokasi Anda secara akurat mencerminkan Image yang ingin Anda proyeksikan. Sebaiknya juga periksa riwayat lokasi ini. Pertimbangkan bagaimana sejarahnya selama bertahun-tahun.

Tanyakan tentang penyewa sebelumnya. Jika Anda membuka restoran atau rumah makan di mana lima restoran telah gagal, Anda mungkin memulai dengan cacat yang tidak dapat diatasi - entah karena ada yang salah dengan lokasi atau karena masyarakat akan menganggap bisnis Anda akan berjalan seperti penyewa sebelumnya.

Jika beberapa jenis bisnis telah ada dan gagal, lakukan penelitian untuk mencari tahu alasannya - Anda perlu memastikan apakah masalahnya ada pada bisnis atau lokasi. Penghuni sebelumnya sangat sukses tentu merupakan pertanda bagus. Periksa dengan informasi tentang jenis usaha apa yang mereka lakukan bandingkan dengan bisnis Anda.

Aturan Sekitar Lokasi

Cari tahu apakah ada peraturan atau batasan zonasi yang dapat mempengaruhi bisnis Anda dengan cara apa pun. Periksa lokasi spesifik yang Anda pertimbangkan dan juga properti tetangga-Anda mungkin tidak ingin toko minuman keras dibuka di samping pusat penitipan anak  yang Anda akan jalankan.

Nah…selamat mencari “hottest” lokasi Bisnis Anda.

 

Semoga sukses selalu

Salam,

Ery Prasetyawan

Eryp2000@gmail.com

 

Jadikan Lokasi Anda Luarbiasa Dengan Strategi Baru
Saat ini perubahan bisnis begitu cepat, hingga banyak trend bisnis baru bermunculan. Belakangan ini juga muncul para anak muda yang terjun ke startup dengan bekal kreativitas dan kemampuan inovasi men
Read More
Menjadi Franchise Top Of Mind Dengan Top Of Location (TOL)
Bagi pelaku bisnis Franchise menjadi Top Of Mind (TOM) adalah suatu pencapaian yang dinantikan. Namun untuk menjadi Top Of Mind diperlukan strategi bisnis jitu. Strategi yang gagal akan mengakibatkan
Read More
Memilih Lokasi Yang Low Risk High Profit
Banyak orang ingin menjadi wirausahawan atau self employee akan tetapi takut akan resiko tinggi. Kabar baiknya beberapa jenis usaha memiliki resiko yang lebih kecil dibandingkan dengan bidang usaha la
Read More
Yang Harus Dilakukan Terhadap Lokasi Agar Menjadi Franchise Market Leader
Menjadi Franchise Market Leader adalah tujuan setiap pelaku bisnis Franchise. Namun hal ini tidak bisa terjadi dalam semalam. Memerlukan pengetahuan, usaha extra yang konsisten dan terus menerus. Haru
Read More