JustFiber & Solka-Floc Memperkaya Kreasi Makanan Olahan & Menjawab Tuntutan Pola Hidup Sehat

International Fiber Europer (IFE) merupakan perusahaan Belgia yang memproduksi berbagai jenis fiber dan powdered cellulose untuk berbagai keperluan industri makanan dan minuman, farmasi, pakan ternak, industri plastik, karet, industri bahan bangunan dan lain-lain. Apa keunggulan produknya?

Meskipun baru didirikan pada tahun 2000, IFE merupakan hasil merger antara Intenational Filler Corporation dan Fiber Sales & Development Corporation. International Filler Corporation sendiri didirikan pada tahun 1920. Dengan demikian secara faktual IFE telah memiliki pengalaman lebih dari 90 tahun dalam produksi dan pemasaran produk-produk fiber / powdered cellulose.

fiber / powdered cellulose digunakan sebagai ingredient dalam beragam jenis makanan dan minuman olahan, antara lain pada produk-produk daging olahan, pasta, bakery, produk dietary, keju, seasoning, dan pet food. 

JustFIber dan Solka-Floc merupakan dua merek fiber dan powdered cellulose produksi IFE yang telah banyak digunakan sebagai ingredient dalam produk-produk makanan dan minuman olahan disejumlah negara di dunia. Kedua produk tersebut tersedia dalam berbagai ukuran panjang serat (fiber length / particle size) dengan range antara 15 – 300 mikron.

Panjang serat yang berbeda akan memberikan efek fungsional yang berbeda pula pada saat ditambahkan ke dalam produk-produk makanan olahan. Secara umum dapat dikatakan bahwa  powdered cellulose dengan particle size yang kecil akan memperbaiki tekstur, mouthfeel dan kekentalan pada produk-produk sejenis saus dan salad dressing.

Sedangkan powdered cellulose dengan particle size yang besar dapat berfungsi sebagai komponen yang memperkuat struktur dan memperbaiki tekstur pada produk-produk sejnis roti dan kue.

Dari sisi kesehatan, powdered cellulose termasuk dalam kategori serat pangan (dietary fiber) yang telah lama diketahui memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan manusia. Terutama dalam hubungannya dengan pencegahan berbagai jenis penyakit seperti konstipasi /  sembelit, tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, diabetes dan kanker usus besar.

Produk-produk daging olahan seperti sosis, bakso, patty / burger dan naget sering diasosiasikan sebagai makanan miskin serat dan tidak sehat. Oleh karena itu, penambahan JustFiber dan Solka-Floc sebagai serat pangan dapat meningkatkan nilai jual dari produk-produk tersebut. Dgan cara mencantumkan tulisan diperkaya dengan serat pangan atau pernyataan sejenis dalam label kemasannya.

JustFiber dan Solka-Floc dapat dihasilkan dari berbagai jenis tanaman, antara lain gandum, bambu, kapas, pea, oat dan kentang. Dengan dosis pemakaian antara 0,5 – 5% (umumnya digunakan pada dosis 1-3%) dari total massa adonan daging. Keduanya memiliki kemampuan mengesankan untuk mengikat cairan yang terdapat dalam makanan.

Untuk cairan berupa air, keduanya dapat mengikat sampai 10 kali dari bobotnya sendiri, sedangkan untuk cairan berupa minyak dapat mengikat sampai 8 kali dari bobotnya sendiri.

Selain fungsi fisiologi atau kesehatan bagi konsumen, penambahan JustFiber dan Solka-Floc pada produk makanan olahan pada umumnya dan produk daging olahan pada khususnya juga memberikan keuntungan fungsional terhadap produk akhir yang dihasilkan seperti meningkatkan water binding capacity, meningkatkan stabilitas penyimpanan, memperbaiki tekstur produk akhir, memberikan emulsifying effect, meningkatkan stabilitas terhadap suhu selama pengolahan, dan memperbaiki mouthfeel produk akhir.

Walaupun produk tersebut dibuat oleh perusahaan Belgia, JustFiber dan Solka-Floc telah masuk pasar Indonesia melalui perusahaan lokal yaitu Markaindo Selaras. Sebuah perusahaan yang telah berpengalaman sejak 1982 dibidang pengadaan bahan baku untuk industri makanan. Berkantor pusat di Kawasan Industri Sentul Bogor, perusahaan ini juga dipercaya oleh sejumlah produsen kelas dunia dalam kaitannya dengan pemenuhan pengadaan bahan baku industri makanan di Indonesia.

Julhan Sifadi

 

Fira Os Hadirkan Layanan Fira Tv Bagi Pengguna Smartphone
Belum lama ini PT FIRA meluncurkan Fira OS, untuk mengimbangi kebutuhan konsumen akan perkembangan industri smartphone di Indonesia.   Tingginya jumlah pengguna smartphone, belum diimbangi denga
Read More
3rd Anniversary Teraskita Hotel Managed By Dafam Mengusung Tema “Triple Victory”
Memasuki awal tahun 2019, Hotel Dafam Teraskita Jakarta sedang dalam proses pergantian nama dan logo menjadi Teraskita Hotel managed by Dafam. Tepat pada 4 Januari 2019 lalu, hotel ini telah menginjak
Read More
DANA Resmi Rilis Aplikasi Dompet Digital
Aplikasi Dompet Digital Indonesia (Dana) dirilis secara resmi pada 5 Desember 2018. Acara peluncuran tersebut juga dilengkapi dengan zona experience untuk para tamu yang menghadiri acara peluncuran.
Read More
Pamerindo Gelar Pameran Hotelex Indonesia dengan Tampilkan inovasi dan tren terbaru
Perhelatan berskala internasional, Hotelex Indonesia dan Finefood Indonesia 2018 yang digelar di JIEXPO Kemayoran Jakarta sejak Rabu (18/7) berlangsung meriah dan mendapat antusias dari pengunjung. Pa
Read More