Darin Nasywa Alia, Punya Bisnis Sendiri di Usia 10 Tahun

Kebanyakan anak seusianya lebih memilih menghabiskan waktunya untuk bermain. Tetapi Darin Nasywa Alia, lebih memilih berbisnis.

Di usianya yang memasuki 10 tahun, Darin, panggilan akrabnya memilih mendirikan bisnis cokelat blended dengan merek Choco Shakes di kota Malang, Jawa Timur. Bisnis itu kini telah memiliki 6 cabang di Kota Malang, dan 1 di Kabupaten Jombang.

Bisnis ini sendiri terlahir dari kebiasaan Darin yang senang meracik minuman berbahan dasar cokelat di resto milik ibunya. Di resto itu Darin melihat bahwa cokelat menjadi minuman yang paling laris terjual.

“Awalnya dari situ, lalu saat Ibu medical ceckup, gula darahnya naik, kolesterol juga naik, tetapi setelah meminum cokelat semua turun dan kembali normal,” kata pengusaha cilik kelahiran 31 Agustus 2005 itu.

Dalam menjalankan bisnisnya ia dibantu oleh beberapa stafnya yang tidak lain adalah keluarganya sendiri. Sehingga kendati ia sekolah, usahanya tidak mengganggu proses belajar. “Sama sekali tidak mengganggu, kalau sudah pulang sekolah saya sempatkan kontrol outlet-outlet saya,” katanya.

Ia juga menawarkan konsep kemitraan di tahun ini, dan sebagai Owner, Darin menjelaskan langsung kepada calon mitra terkait prospek bisnisnya dan analisa BEPnya.

Dengan usianya sekecil itu, ia tidak  mengalami kesulitan saat menghadapi calon mitra yang jauh diusianya. “Sebenarnya sempat grogi juga awalnya tetapi karena sering berhadapan dengan orang jadi terbiasa,” paparnya.

Menurutnya, dengan bisnis yang digelutinya saat ini, bukan berarti tidak memiliki kesempatan untuk bermain. “Kalau main itu kan untuk kesenangan saja, tetapi kalau bisnis dapat semuanya, kebahagiaannya dapat, senangnya dapat, jalan-jalannya juga dapat, ilmunya juga dapat,” kata Darin.

Kedepan ia memiliki harapan untuk terus membesut bisnisnya itu hingga memiliki banyak outlet dalam bentuk kafe di seluruh Indonesia. Ia juga gencar melakukan promosi baik online maupun offline dengan ikut aktif dalam sejumlah pameran bisnis.  

Kesuksesan Darin tak lepas dari didikan kedua orang tuanya yang memiliki latar belakang sebagai pebisnis. Ibunya memberikan banyak masukkan tentang bagaimana karakter sebagai seorang pemimpin, dan bagaimana memanajemeni waktu dengan baik sehingga tidak menggangu waktu sekolah dan pekerjaan.

Julhan Sifadi

Budiyanto Darmastono, Mantan Pegawai Bank Yang Sukses Mendirikan Bisnis Kurir Android
Dia adalah Budiyanto Darmastono, sosok di balik lahir dan berkembangnya PT Satria Antaran Prima (SAP Express), perusahaan logistik berbasis Android pertama di Indonesia. SAP Express lahir dengan visi-
Read More
HENDY TANAKA Membuktikan Kepercayaan Orang Tua
Ketertarikkanya dengan dunia waralaba diakui Hendy Tanaka sudah tumbuh sejak lama bahkan ia menjadi pembaca setia Majalah Franchise Indonesia sejak dulu. Sejak itupula keinginannya memiliki bisnis war
Read More
Setiawan, Mantan Karyawan Manufacturing PMA yang Sukses Dirikan Resto Steak
Bagi beberapa orang, memutuskan untuk berhenti dari sebuah perusahaan saat posisinya sudah nyaman mungkin sebuah hal yang menakutkan. Bagaimana tidak, sulitnya mencari kerja ditambah dengan iklim indu
Read More
Basuki Rahmat, Bertekad Menjadi Pengusaha Sejak di Bangku Kuliah
Bagi kebanyakan orang, memiliki usaha yang besar dan menghasilkan merupakan sebuah impian. Maka itu, banyak yang sudah merintis bisnis sejak usia muda.  Begitupun dengan Basuki Rahmat. Sarjana Pe
Read More