Reed Panorama Gelar Pameran Waralaba

Lebih dari 300 merek waralaba dan peluang bisnis dari 16 negara yang meramaikan pameran waralaba di JCC, Senayan, Jakarta yang digelar oleh yang digelar oleh Reed Panorama Exhibition. Pada perhelatan ke-13 Franchise & License Expo Indonesia 2015 prosesi opening ceremony hari Jumat, 11 September 2015 Reed Panorama mengundang sejumlah kalangan. Baik dari pihak Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia, KADIN serta Kementerian Koperasi Usaha Kecil & Menengah Repulik Indonesia.

Amir Karamoy yang merupakan Ketua Komite Tetap Waralaba, Lisensi dan Kemitraan KADIN diundang menjadi salah satu narasumber pada perhelatan itu. “Waralaba pada dasarnya adalah transfer of knowledge, transfer of skills & transfer of experience,”paparnya.

Ia mengatakan bahwa biasanya usaha-usaha kecil yang tergabung dalam sistem usaha waralaba akan mendapatkan pengetahuan tambahan mengenai bagaimana membangun sistem manajemen yang baik, sistem teknologi yang baik, sumber daya manusia yang baik dan seterusnya.

Sebelum mereka terjun dalam usaha waralaba biasanya mereka dibekali dengan pelatihan-pelatihan. Dengan demikian akan menjadi lebih mudah bagi para usahawan yang bergabung dengan franchisor tertentu untuk lebih sukses. “Waralaba adalah salah satu cara untuk mempromosikan merek dagang sebuah negara,”ujarnya.

“Ketika kita bicara Starbucks, McDonald’s, KFC dan lainnya tentu saja kita akan mengasosiasikannya dengan sistem usaha waralaba. Waralaba harus dibentuk dengan ide-ide yang kreatif. Hanya itu jalan yang bisa dilakukan para franchisor untuk bisa bertahan di tengah-tengah persaingan bisnis,” jelas Amir.

Amir Karamoy juga menjelaskan bahwa para praktisi bisnis tidak perlu terlalu khawatir dengan adanya kelesuan ekonomi yang ada sekarang. Menurutnya kelesuan ekonomi yang ada saat ini lebih terarah kepada kelesuan di pasar modal (investasi saham dan pasar uang). Ia juga menekankan bahwa dengan adanya kelesuan ekonomi yang terjadi sekarang sebenarnya cara ampuh untuk mengatasinya adalah dengan membangun bisnis di sektor riil seperti usaha waralaba.(AP)

Bambu Spa Hadir di Kota Harapan Indah Bekasi
Bambu Spa melebarkan sayap bisnisnya di Kota Harapan Indah Bekasi, Jawa Barat pada 15 November 2015 silam. Bambu Spa cabang Bekasi ini merupakan cabang yang ketujuh dari merek pertama dan satu-satunya
Read More
Family Mart Buka Toko Ke-100 di Indonesia
Perusahaan yang satu ini cukup agresif mengembangkan jaringan bisnisnya di Indonesia. Adalah Family Mart, perusahaan waralaba convenient store atau toko kelontong terbesar kedua asal Jepang ini baru-b
Read More
J&T Express Bersama Pihak Kepolisian Berikan Keterangan Paket Dengan Sistem COD
J&T Express, perusahaan jasa pengiriman ekspres yang sedang berkembang di Indonesia menanggapi isu paket viral yang beredar selama sepekan terakhir dan meresahkan masyarakat khususnya warga Yogyakarta
Read More
Johnny Rockets Luncurkan Menu Baru dengan Cita Rasa Otentik
Kabar gembira bagi para customer Johnny Rockets di Indonesia. Pasalnya 14 Agustus 2017 yang lalu restoran burger asal Amerika ini meluncurkan menu baru. “Di Johnny Rockets Indonesia kita memili
Read More